KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS GURU PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MTs ASWAJA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, M.
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.author PUTRI NINGSIH, DEWI
dc.date.accessioned 2022-06-27T08:08:41Z
dc.date.available 2022-06-27T08:08:41Z
dc.date.issued 2018-11-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/812
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1)keterampilan guru menciptakan kelas pada pembelajaran Fiqih di kelas VIII MTs Aswaja Pontianak Tahun Pelajaran 2018/2019. 2)keterampilan guru memelihara kelas pada pembelajaran Fiqih di kelas VIII MTs Aswaja Pontianak Tahun Pelajaran 2018/2019. 3)keterampilan guru mengembalikan kondisi kelas pada pembelajaran Fiqih di kelas VIII MTs Aswaja Pontianak Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini adalah primer dan sekunder, yaitu: 1)Sumber primer adalah Guru pembelajaran Fiqih kelas VIII MTs Aswaja Pontianak ;2)Sumber sekunder adalah buku, skripsi, jurnal serta data yang relevan berupa dokumen yang berhungan dengan mengelola kelas. Sedangkan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Tahapan analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dan member chek. Dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan data secara apa adanya sesuai dengan temuan data dilapangan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan: 1) Keterampilan guru menciptakan kelas dilakukan dengan menunjukan sikap tanggap dengan memandang secara saksama, melibatkan siswa dalam kontak pandangan gerak mendekati, memberi reaksi terhadap gangguan kelas. Membagi perhatian secara visual atau verbal kontak pandang menyeluruh. 2) Keterampilan guru memelihara kelas dilakukan dengan memusatkan perhatian kelompok, memberi petunjuk yang jelas, memberi teguran bijaksana, memberi penguatan ketika diperlukan dengan tepuk tangan, menambahkan nilai agar menjadi motivasi bagi siswa/siswi. 3) Keterampilan guru mengembalikan kondisi kelas dilakukan dengan memodifikasi prilaku: pendekatan terhadap siswa/siswi yang bermasalah mencari solusi. Pengelolaan kelompok: terjalin kerjasama yang baik, kekompakan, mencari jalan keluar. Menemukan dan mengatasi prilaku yang menimbulkan masalah: mencari sebab terjadinya masalah. Menyusun kembali program belajar dengan melihat silabus. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Menciptakan, Memelihara, Mengembalikan kondisi kelas. en_US
dc.title KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS GURU PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MTs ASWAJA PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account