Abstract:
Latar belakang diangkatnya penelitian ini didasarkan pada pengamatan awal
peneliti terhadap kemampuan guru dalam memvariasikan metode pembelajarandi
kelas X MA Miftahul Huda Rantau Panjang. Dalam rangka memberikan hasil
yang terbaik terhadap cara guru memvariasikan metode pembelajaran. Dari sinilah
peneliti mengangkatnya dalam sebuah penelitian guna mengungkap “Kemampuan
Guru SKI dalam Memvariasikan Metode Pembelajaran di Kelas X MA Miftahul
Huda Rantau Panjangkab. Landak”. Yang secara khusus bertujuan untuk
mengetahui: metode yang digunakan guru SKI dalam pembelajaran pada siswa
kelas x di Madrasah Aliyah Miftahul Huda, kemampuan guru SKI dalam
memvariasikan metode pembelajaran pada siswa kelas x di Madrasah Aliyah
Miftahul Huda, dan kendala guru SKI dalam memvariasikan metode dalam
pembelajaran pada siswa kelas x di Madrasah Aliyah Miftahul
HudaRantauPanjangKab. Landak.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru figih, Guru yang bersangkutan dan
Murid. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur,
observasi non partisipan, dan dokumntasi. Untuk sampai pada kesimpulan,
peneliti menggunakan analisis data dengan tahapan reduksi data, display data,
penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan teknik triangulasi dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, metode yang digunakanoleh
guru SKI dalam pembelajaran pada sisiwa kelas x MA Miftahul Huda guru
kurang mengerti akan memvariasikan metode pembelajaran, metode yang di
gunakan hanya metode ceramah. Kedua, kemampuan guru SKI dalam
memvariasikan metode pembelajaran pada siswa kelas x MA Miftahul Huda
meyakinkan siswa untuk siapbelajar, mendisiplinkan siswa dan mengaktifkan
siswa dalam belajar dikelas. Ketiga, kendala guru SKI dalam memvariasikan
metode pembelajaran pada siswa kelas x MA Miftahul Huda ialah karakteristik
siswa yang berbeda dan keterbatasan media pembelajaran. Kata kunci:
Kemampuan Guru SKI, Metode Pembelajaran.