KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.author AHYEH
dc.date.accessioned 2022-06-24T15:48:54Z
dc.date.available 2022-06-24T15:48:54Z
dc.date.issued 2020-10-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/809
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini merupakan pendidikan humanistik dalam tinjauan pemikiran Paulo Freire dan Abdurrahman Mas’ud yang membahas tentang upaya menempatkan keberadaan manusia dalam proses pendidikan yang semestinya. Dalam temuan peneliti, kedua tokoh menyebutkan bahwa telah terjadi pemberlakuan yang mendehumanisasi peserta didik dengan pola-pola ketidak adilan, pemaksaan, dominasi dan tidak memberikan ruang tumbuh sebagaimana kemauan individu itu sendiri. Sehingga menghasilkan manusia-manusia sebagaimana kepentingan yang ada bukan dari karakteristik manusia yang berbeda dalam bakat dan kemampuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek kajian konsep pendidikan humanistik. Sementara pada jenis penelitiannya adalah studi pustaka (library research) dengan pendekatan analisa isi (content analisys) teks yang termuat dalam karya tokoh tersebut. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah : 1) Konsep pendidikan humanistik Paulo Freire merupakan pendidikan yang menekankan pada penyadaran dari realitas yang terjadi dengan kondisi sosial, politik dan budaya serta pembebasan dari perlakuan yang tidak adil dari penguasa (penindas), membebaskan masyarakat dari buta huruf, serta sebuah konsep dialogis antara guru dan murid dalam situasi dan kondisi selama proses pendidikan berlangsung. 2) Konsep pendidikan humanistik Abdurrahman Mas’ud didasarkan atas konsep humanisme religius yang meliputi praktik dalam dunia pendidikan Islam yang mengedepankan akal sehat (common sense), individualisme yang menuju pada kemandirian dan tanggung jawab, thirst of knowledge, pendidikan pluralisme, kontekstualisasi serta keseimbangan antara punishment dan reward. 3) Perbandingan antara pemikiran Paulo Freire dengan Abdurrahman Mas’ud meliputi isi utama dari tulisan keduanya yang ditinjau dari sudut ontologis, epistemologis dan aksiologis. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.title KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK en_US
dc.title.alternative STUDI KOMPARATIF PENDIDIKAN HUMANISTIK PAULO PREIRE DENGAN ABDURAHMAN MAS’UD en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account