Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang
dilakukan guru RA. Darul Amin yang cenderung bersifat konvensional dan apa adanya
dalam menstimulus kecerdasan kinestetik anak. Penelitian ini bertujuan untuk; 1)
Mendeskripsikan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di RA Darul Amin sebelum
menggunakan metode gerak dan lagu. 2) Mendeskripsikan kecerdasan kinestetik anak
usia 5-6 tahun di RA Darul Amin setelah menggunakan metode gerak dan lagu. 3)
Mengetahui peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di RA Darul Amin
menggunakan metode gerak dan lagu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang terdiri dari empat komponen. Yakni
tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap pengamatan (observing),
dan tahap refleksi (reflecting). Pelaksanaan pengumpulan data yaitu dengan beberapa
instrumen penelitian yaitu berupa dokumentasi, angket, observasi dan catatan lapangan.
Kemudian data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan
rumus persentase dan uji t.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; 1) Kecerdasan kinestetik pada anak usia
5-6 tahun di RA Darul Amin Pontianak Utara sebelum menggunakan metode gerak dan
lagu mencapai nilai 36% dengan kategori kurang. 2) Kecerdasan kinestetik pada anak usia
5-6 tahun di RA Darul Amin Pontianak Utara, mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat
dari hasil observasi, dan catatan lapangan yang peneliti lakukan dari siklus pertama, dan
siklus terakhir. Pada siklus pertama terjadi peningkatan terhadap kecerdasan kinestetik
siswa dari 36% meningkat menjadi 53,33%, dan pada tindakan siklus kedua mengalami
peningkatan lagi menjadi 84%. 3) Terdapat perubahan yang cukup signifikan terhadap
kecerdasan kinestetik pada anak usia 5-6 tahun di RA Darul Amin Pontianak Utara setelah
mengguanakan metode gerak dan lagu.