Abstract:
Erawati. Pengaruh Penerapan Strategi Jigsaw dengan Media Flipbook Digital terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII di SMPN 18 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Jigsaw berbantuan media Flipbook digital serta pengaruhnya terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas VII SMPN 18 Pontianak.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian berjumlah 30 peserta didik pada satu kelas. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan angket aktivitas belajar, kemudian dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan program SPSS versi 29.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan strategi Jigsaw dengan media Flipbook digital dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 82,85%. 2) Aktivitas belajar peserta didik pada pretest dengan nilai rata-rata 78,11%. Termasuk kategori baik sedangkan nilai aktivitas peserta didik pada postest dengan nilai rata-rata 84,12 %. Termasuk kategori sangat baik. 3) terdapat pengaruh penerapan strategi jigsaw dengan media flipbook digital terhadap aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Tahun Ajaran 2024/2025 hasil uji t menunjukkan bahwa t hitung (3,221) > t tabel (1,675), sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Jigsaw berbantuan media Flipbook digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII di SMPN 18 Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025.