ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE): MEDIA PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.author Wahyuni, Sri
dc.date.accessioned 2025-11-05T06:05:29Z
dc.date.available 2025-11-05T06:05:29Z
dc.date.issued 2025-07-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7865
dc.description.abstract Sri Wahyuni. 11814013. Alat Permainan Edukatif (APE) Sebagai Media Pembelajaran PIAUD. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) alat permainan edukatif (APE) sebagai media pembelajaran, (2) Peran guru dalam menyesuaikan dan mengembangkan ape sebagai media pembelajaran, serta (3) Potensi dari alat permainan edukatif (APE) sebagai media pembelajaran tentang nilai-nilai keislaman pada Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan Narrative Literature Reviews, data dikumpulkan dari database akademik seperti semantic scholar, google scholar, research gate elsevier dan SINTA. Proses analisa dari penelitian ini dimulai dari (1) Penelurusan artikel terkait topik, (2) Menyusun berbagai literatur ilmiah seperti buku, jurnal, dan dokumen resmi yang relevan, (3) Meringkas informasi yang dibutuhkan, (4) Mengklasifikasikan informasi yang diperoleh, (5) Menyusun narasi deskriptif tentang topik yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) APE memiliki kontribusi penting dalam merangsang aspek perkembangan anak, baik kognitif, motorik, bahasa, sosial-emosional, maupun nilai-nilai karakter. APE juga berfungsi sebagai media konkret yang sesuai dengan tahap perkembangan berpikir anak usia dini. (2) Guru berperan memastikan bahwa penggunaan APE selaras dengan nilai-nilai Islam, sehingga setiap aktivitas bermain tidak hanya menyenangkan tetapi juga bernilai ibadah dan berorientasi pada pembentukan akhlak mulia, jadi peran guru disini sebagai edukator, motivator dan fasilitator. (3) Potensi utama APE terletak pada kemampuannya mengintegrasikan unsur bermain dengan pendidikan spiritual, sehingga proses pembelajaran nilai-nilai Islam tidak terasa memaksa tetapi justru membekas dalam pengalaman anak. adapun potensi tersebut dapat meliputi tumbuh kembang anak yaitu: Intelektual, Fisik Motorik, sosial-emosional, dan kreatif inovatif. Penelitian ini memiliki keterbatasan karena tidak melibatkan data lapangan dan hanya bergantung pada literatur yang tersedia. Diharapkan penelitian lebih lanjut dapat dilakukan secara empiris untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Alat Permainan Edukatif en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject PIAUD en_US
dc.title ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE): MEDIA PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account