Abstract:
JESTI SURYANUR (12001183), Pengaruh Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Quran Terhadap Prestasi Akademik Santriwan/I Di Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak. Skripsi : Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Skripsi ini bertujuan: 1) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan program Tahfidz Al-Quran di Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak tahun ajaran 2024/2025. 2) mendeskripsikan bagaimana prestasi akademik santriwati di Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar setelah melaksanakan program Tahfidz Al-Quran tahun ajaran 2024/2025. 3) mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan program Tahfidz Al-Quran terhadap prestasi akademik santriwati di Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak tahun ajaran 2024/2025
Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Sumber data yaitu populasi dan sampel. Sementara teknik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen Pengumpulan Data yaitu lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik Analisis Data yaitu analisis instrument data dan analisis pengaruh.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi akademik santriwati yang mengikuti program Tahfidz Al-Qur’an dengan yang tidak mengikuti program tersebut. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji Independent Sample T-Test yang menghasilkan nilai t hitung sebesar 2.162, lebih besar dari nilai t tabel, serta nilai signifikansi (p) sebesar 0.000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05. Dengan demikian, hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima, yang berarti bahwa program Tahfidz Al-Qur’an memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi akademik santriwati. Pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar terbukti memberikan dampak positif terhadap capaian belajar santriwati. Program ini tidak hanya membentuk karakter religius dan kedisiplinan, tetapi juga meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, yang secara tidak langsung mendukung peningkatan prestasi akademik mereka. Dengan demikian, program tahfidz dapat dianggap sebagai salah satu pendekatan pendidikan yang efektif dan terintegrasi antara aspek spiritual dan akademik. Lebih jauh, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi program Tahfidz Al-Qur’an dalam sistem pembelajaran di lingkungan pesantren maupun lembaga pendidikan berbasis agama dapat menjadi strategi yang relevan dan bermanfaat dalam mendorong peningkatan prestasi akademik peserta didik. Program ini layak dipertahankan dan dikembangkan sebagai model pembinaan yang berorientasi pada keseimbangan antara kecerdasan intelektual dan spiritual.