Abstract:
HAFIZATUL FITRIAH (12101056), Peran Orang Tua Dalam Membentuk Aspek Moral Agama Pada Anak di Keluarga Muslim Desa Karangan RT 002. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Tahun Ajaran 2025 M/1447 H.
Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya variasi dalam peran orang tua dalam membentuk moral agama anak. Beberapa orang tua masih menggantungkan pendidikan agama pada lembaga formal dan nonformal, serta kurang aktif dalam membimbing anak secara langsung. Faktor kesibukan pekerjaan, minimnya pengawasan terhadap penggunaan telepon genggam, dan kurangnya rutinitas keagamaan di rumah. Bahkan anak dibiarkan mengakses media sosial tanpa batas, yang berdampak pada terbentuknya perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Hal ini menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua sangat penting dalam membentuk aspek moral agama anak sejak usia dini.
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran orang tua dalam membentukan aspek moral agama pada anak keluarga muslim di desa Karangan. 2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan metode yang digunakan oleh orang tua dalam pembentukan aspek moral agama pada anak di desa Karangan. 3) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor yang dapat membentuk aspek moral agama pada anak di keluarga muslim desa karangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di desa Karangan RT 002, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kondensasi data, data display, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Peran orang tua dalam membentuk aspek moral agama pada anak di keluarga Muslim Desa Karangan sebagai suri teladan, pendukung, pengajar, fasilitator, komunikator, pengarah & pembimbing, serta berperan sebagai pendorong kemandirian. 2) Metode yang digunakan oleh orang tua dalam membentuk aspek moral agama pada anak di keluarga Muslim desa Karangan meliputi metode keteladanan, metode bernyanyi, metode pembiasaan, metode bermain, dan metode bercerita. 3) Faktor yang dapat memberikan dampak pada pembentukan aspek moral agama pada anak meliputi faktor internal yaitu kemampuan berkomunikasi orang tua, pujian & penghargaan yang diberikan orang tua terhadap anak, kehidupan & suasana rumah, tingkah laku orang tua, serta agama. Kemudian faktor eksternal yakni lingkungan sekitar, pola asuh, dan media digital juga dapat memberikan dampak pada pembentukan moral agama anak.