Abstract:
AMALIA, Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Miftahul Ulum Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan peran guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius yang terdiri dari: 1) Pembentukan karakter religius dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MIS Miftahul Ulum Desa Limbung; 2) Peran guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius pada pembelajaran Akidah Akhlak di MIS Miftahul Ulum Desa Limbung; 3) Hambatan guru akidah akhlak dalam pembentukan kakrakter religius pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIS Miftahul Ulum Desa Limbung.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data ini terdiri dari sumber data primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah 1 orang guru Akidah Akhlak, Kepala MIS Miftahul Ulum, dan 15 siswa kelas 6 ;2) Sumber sekunder adalah data arsip MIS Miftahul Ulum. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkahnya reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Pembentukan karakter religius pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibitidaiyah Swasta Miftahul Ulum Desa Limbung dari indikator siswa dengan cara membaca doa sebelum dan sesudah belajar pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan ibadah dengan jadwal salat dhuha dan zuhur berjamaah, program 5S di pembelajaran akidah akhlak maupun di lingkungan madrasah, pada indikator sekolah dengan cara memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk beribadah dengan menyediakan Kitab Al-Quran, Buku Tahfiz Juz Amma, serta koleksi buku Sejarah Islam, memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah dengan cara dibagi berdasarkan tingkat jenjang siswa; 2) Peran guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius pada pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibitidaiyah Swasta Miftahul Ulum Desa Limbung terdiri dari peran guru sebagai pembimbing dengan selalu mengingatkan peserta didik untuk membaca doa sebelum dan sesudah belajar, menjaga keberihan kelas dan mengulang materi dari awal pembelajaran, kedua peran guru sebagai model dengan selalu mengucap salam, berpakaian rapi, berkata sopan, konsisten ibadah, ketiga peran guru sebagai penasihat dengan memberikan nasihat kepada siswa yang bermasalah; 3) Hambatan guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter religius pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibitidaiyah Swasta Miftahul Ulum Desa Limbung dari segi internal mudah lelah karena faktor usia, dari segi eksternal diantaranya keterbatasan fasilitas, dukungan orang tua, dan pengaruh teknologi dan media sosial.