INOVASI BISNIS DAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK COFFE SHOP TERHADAP PELANGGAN MILENIAL DAN GEN Z

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fachrurazi, Fachrurazi
dc.contributor.advisor Baharuddin, Baharuddin
dc.contributor.advisor Rahmat, Rahmat
dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.author Maulana, Fikri
dc.date.accessioned 2025-09-17T02:59:59Z
dc.date.available 2025-09-17T02:59:59Z
dc.date.issued 2025-07-15
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7693
dc.description.abstract Fikri Maulana (12003060), “Inovasi Bisnis dan Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Daya Tarik Coffee shop Terhadap Pelanggan Milenial dan Gen Z”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mejelaskan: 1). Langkah apa yang diambil pemilik coffeeshop dalam menarik minat generasi milenial dan generasi Z untuk tertarik menjadi pelanggan. 2). Peran teknologi digital dalam strategi pemaaran coffeeshop dalam menngkatkan efisiensi biaya pemasaran. 3). Kontribusi strategi pemasaran digital terhadap peningkatan pendapatan dan profitabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yaitu: 1). Langkah-langkah yang dilakukan oleh pemilik coffee shop dalam menarik minat generasi milenial dan Gen Z adalah dengan menciptakan suasana tempat yang nyaman dan estetik, menyediakan fasilitas pendukung seperti Wi-Fi, colokan listrik, hingga layanan tambahan seperti mesin cuci dan printer. Strategi ini diarahkan untuk menciptakan pengalaman nongkrong yang unik dan relevan dengan gaya hidup generasi muda. 2). Peran teknologi digital dalam strategi pemasaran coffee shop sangat signifikan dalam meningkatkan efisiensi biaya pemasaran. Coffee shop memanfaatkan platform digital seperti Instagram, TikTok, dan YouTube untuk menjangkau audiens secara luas, mengurangi kebutuhan akan promosi konvensional seperti brosur dan iklan cetak. 3). Strategi pemasaran digital terbukti berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan profitabilitas. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah pengunjung dan penjualan, terutama saat kampanye promosi atau peluncuran menu baru. Inovasi menu dan layanan juga turut meningkatkan loyalitas pelanggan serta memperluas jangkauan pasar. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Inovasi Bisnis, Digital Marketing en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Inovasi Bisnis en_US
dc.subject Digital Marketing en_US
dc.title INOVASI BISNIS DAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK COFFE SHOP TERHADAP PELANGGAN MILENIAL DAN GEN Z en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account