Dampak Online Shop Terhadap Pendapatan Pasar Tradisional

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmat, Rahmat
dc.contributor.advisor Kalbarini, Rahmah Yulisa
dc.contributor.advisor Munim, Fathan
dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.author Almutahar, Afifah
dc.date.accessioned 2025-09-11T08:35:29Z
dc.date.available 2025-09-11T08:35:29Z
dc.date.issued 2025-08-05
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7649
dc.description.abstract AFIFAH ALMUTAHAR, Dampak Online Shop Terhadap Pendapatan Pasar Tradisional (Studi Kasus: Pasar Nusa Indah): Skripsi: Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kondisi penjualan pedagang pasar tradisional di Pasar Nusa Indah sebelum adanya online shop. (2) Untuk mengetahui seberapa besar dampak online shop terhadap pendapatan pedagang tradisional di Pasar Nusa Indah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Data primer (observasi, dokumentasi, dan wawancara) dan data sekunder (buku, jurnal, dan internet). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pasar Nusa Indah memiliki aktivitas penjualan yang sangat tinggi sebelum kedai online. Ini menjadi tempat favorit belanja bagi penduduk lokal dan luar kota. Dalam beberapa tahun terakhir, persaingan dengan toko online dan pergeseran gaya belanja digital baru telah menyebabkan penurunan drastis dalam jumlah pengunjung. Selain itu, karena hubungan emosional yang terjalin secara pribadi, pelanggan sangat loyal terhadap pedagang tertentu. (2) Beberapa pedagang menyatakan penurunan pendapatan antara lima hingga sepuluh persen dibandingkan sebelum kedai online. Penurunan ini paling dirasakan oleh pedagang barang non-kebutuhan pokok seperti pakaian, aksesoris, dan perlengkapan rumah tangga, yang kini lebih mudah ditemukan secara online dengan harga kompetitif dan layanan pengiriman langsung ke rumah. Namun demikian, hanya sebagian kecil pedagang yang mampu bertahan bahkan dengan memanfaatkan marketplace dan media sosial untuk memasarkan barang mereka. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Dampak en_US
dc.subject Online Shop en_US
dc.subject Pedagang en_US
dc.subject Pasar en_US
dc.subject Toko Online en_US
dc.title Dampak Online Shop Terhadap Pendapatan Pasar Tradisional en_US
dc.title.alternative Studi Kasus: Pasar Nusa Indah en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account