Abstract:
Vira Yuniar, 11911050, Meningkatkankan Kemampuan Berbicara
Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Alat Permainan Flashcard Di Tk
Negeri Pembina Kabupaten Kapuas Hulu.Fakultas Tarbiyah Dan
Ilmu Keguruan, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Institu Agama
Islam Negeri Pontianak, Tahun 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui
peningkatan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui alat
permainan flashcard Di Tk Negeri Pembina Kabupaten Kapuas Hulu.(2)
Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan permainan flashcard dalam
mengingkatkan kemampuan berbicara Di Tk Negeri Pembina Kabupaten
Kapuas Hulu.(3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan Berbicara
anak setelah menerapkan permainan flashcard dalam mengembangkan
kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun kelompok B TK Negeri
Pembina Kapuas hulu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasa Action
Reaserh). Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk mengatasi masalah
yang terjadi didalam kelas dan meningkatkan kemampuan berbicara anak
usia 5-6 tahun. Untuk memperoleh data yang berkaitan dengan masalah
penelitian, penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri atas 4
komponen utama, yaitu perencanaan,pelaksanaan tundakan, pengamatan
dan refleksi. Untuk Teknik dan mengumpulkan data dalam penelitian ini
adalah observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan data dan hasil penelitian,dapat disimpulkan sebagai
berikut ; Pembelajaran menggunakan media flashcard pada anak
kelompok B TK Pembina kabupaten Kapuas hulu dapat meningkatkan
kemampuan berbicara anak ,Hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil
observasi yang telah dilakukan pada sebelum tindakan, Siklus I dan
Siklus II yang hasilnya mempengaruhi peningkatan ditunjukkan dengan
ketercapaian indikator keberhasilan peneliti yang telah tercapai 85,71%.
Perkembangan yang ditunjukkan dari sebelum tindakan ke Siklus 1 dan
Siklus II adalah pada sebelum tindakan sampai Siklus I mengalami
kenaikan 32,15%, dan dari Siklus I ke Siklus II mengalami kenaikan
sebesar 60,72%.