Komunikasi Efektif Guru Dan Siswa Dalam Membina Akhlak Mulia Di SMK Negeri 4 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hefni, Harjani
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Taqwa, Ria Hayatunnur
dc.contributor.author TRIANA, NURHADI
dc.date.accessioned 2025-08-26T07:20:40Z
dc.date.available 2025-08-26T07:20:40Z
dc.date.issued 2025-08-06
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7534
dc.description.abstract NURHADI TRIANA, NIM. 22341023. Komunikasi Efektif Guru Dan Siswa Dalam Membina Akhlak Mulia Di SMK Negeri 4 Pontianak. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk serta strategi komunikasi efektif yang diterapkan oleh Guru PAI dalam upaya membina akhlak mulia siswa di SMK Negeri 4 Pontianak. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena menurunnya etika komunikasi sebagian siswa kepada guru, yang mencerminkan perlunya pendekatan komunikasi yang lebih efektif dalam proses pendidikan akhlak di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Pontianak. Subjek penelitian ini yaitu Guru PAI dan Siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperkuat melalui triangulasi sumber, member-check, dan diskusi teman sejawat. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru PAI di SMK Negeri 4 Pontianak menerapkan dua bentuk komunikasi efektif, yaitu komunikasi antarpersonal dan komunikasi kelompok melalui pendekatan yang berdasarkan hubungan (relational dyadic) dan berdasarkan komponen; 2) Strategi komunikasi antarpersonal yang diterapkan guru PAI di SMK Negeri 4 Pontianak dilakukan melalui pendekatan emosional, membangun empati, dan menciptakan suasana belajar yang terbuka. Adapun strategi komunikasi kelompok dilaksanakan melalui diskusi, tadarus Al-Qur’an, kuliah tujuh menit, dan mentoring kegamaan yang mendorong partisipasi, refleksi nilai, serta budaya dialog dan tanggung jawab sosial; 3) Faktor pendukung xi dan penghambat komunikasi efektif antarpersonal oleh guru PAI dan siswa di SMK Negeri 4 Pontianak dalam pembinaan akhlak mulia terdapat dari sikap terbuka, empati, keteladanan, dan pemahaman karakter siswa, sedangkan hambatan berasal dari perbedaan latar belakang, tekanan pribadi, dan keterbatasan waktu. Pada komunikasi efektif kelompok, didukung melalui pendampingan guru, suasana saling menghargai, dan pembagian peran mendukung efektivitas, sementara hambatannya meliputi konflik pendapat, dominasi siswa tertentu, dan sikap pasif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini secara umum yaitu Keberhasilan komunikasi yang efektif dipengaruhi oleh dukungan sikap terbuka, hubungan emosional yang positif, serta lingkungan belajar yang suportif, meskipun tetap menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu dan variasi karakter siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Komunikasi Efektif en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.subject Pembinaan en_US
dc.subject Akhlak Mulia en_US
dc.title Komunikasi Efektif Guru Dan Siswa Dalam Membina Akhlak Mulia Di SMK Negeri 4 Pontianak en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account