Abstract:
Muhammad Ihsanul Khairo (12108030), Strategi Marketing PT Almuna Wisata Alami Cabang Pontianak Dalam Meningkatkan Minat Jamaah umroh : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam. Program Studi Manajemen Dakwah Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang : 1) Implementasi Strategi Marketing PT Almuna Wisata Alami cabang Pontianak 2024; 2) Hasil Strategi Marketing PT Almuna Wisata Alami cabang Pontianak terhadap peningkatan Minat jamaah Umroh 2024 3) Evaluasi hasil implementasi strategi marketing PT. Almuna Wisata Alami cabang Pontianak dalam meningkatkan minat jamaah 2024.
Peneliti menggunakan jenis Penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang ditujukan penggalian makna terhadap metode strategi marketing yang diimplementasikan perusahaan upaya meningkatkan minat jamaah. Sumber Data penelitian ini, yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui hasil wawancara dengan Kepala, staff dan brand ambassador PT. Almuna Wisata Alami cabang Pontianak ditambah 9 konsumen aktual perusahaan. Sumber data sekunder diperoleh melalui dokumen dan foto yang berkaitan dengan instrumen pemasaran serta referensi buku yang berkaitan pada penelitian ini. Proses pengambilan data diawali dengan identifikasi data yang valid dan berkaitan dengan rumusan masalah dilanjut dengan menyusun informasi yang krusial dan diakhiri menarik kesimpulan. Kemudian data tersebut dianalisis dengan melakukan redaksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Ditambah dengan teknik keabsahan data peneliti menggunakan member check dan menggunakan bahan referensi.
Berdasarkan penelitian, peneliti menyimpulkan hasil seluruh data yang diperoleh, sebagai berikut : 1) Implementasi Strategi Marketing produk umroh dengan metode bauran pemasaran 7p yang diintegrasi brand ambassador. Produk berkualitas. Harga yang ditawarkan variatif dan terjangkau. Tempat mudah ditelusuri dan ditemui. Mengutamakan promosi online dari offline. PT. Almuna Wisata Alami cabang Pontianak memiliki 2 karyawan yang ramah dan profesional untuk kebutuhan konsumen. Proses diawali keberangkatan dan selama di tanah suci hingga pulang ke tanah air. Bukti fisik memiliki fasilitas yang enak dan memudahkan tenaga kerja melaksanakan tugas. 2) Pengaruh strategi marketing yang dominasi dalam 2 tahun terakhir meningkatkan minat jamaah dari 8 jamaah di tahun 2023 meningkat jadi 86 jamaah di tahun 2024. 3) Evaluasi hasil implementasi strategi marketing menunjukkan ketertarikan yang dominan oleh konsumen aktual dari kedua metode tersebut.