Abstract:
HALIYAH, 11814049. Dampak Penggunaan Gawai (gadget) terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Desa Sungai Rengas. Program Studi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Penelitian ini di latar belakangi oleh Penggunaan gawai (gadget) terhadap anak usia dini dapat berdampak positif maupun negatif serta mempengaruhi perkembangan psikologis anak seperti tidak suka bicara, egois, membuat anak malas untuk berimajinasi, lebih agresif, dan sebagainya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tren penggunaan gawai (gadget) pada anak-anak usia dini di Desa Sungai Rengas 2) Mengapa gawai (gadget) bisa berdampak terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di Desa Sungai Rengas3) Apa tindakan orang tua di Desa Sungai Rengas dalam menanggulangi dampak buruk terhadap penggunaan gawai (gadget) oleh anak-anak usia dini mereka?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi terkaik judul.Teknik Analisisdalam penelitian ini. Data yang digunakan ialah Pengumpulan data, Kondensasi Data dan Penyajian Data
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa Tren penggunaan gawai (gadget) masih berlaku pada anak mereka dalam waktu jangka panjang ketika orang tuanya beraktivitas. Dampak positif yang bisa diambil ialah anak-anak dapat belajar melalui media film edukasi yang terdapat di gawai (gadget). Tindakan yang dilakukan orang tua ialah dengan membatasi penggunaan gawai (gadget) pada anak agar perkembangan sosial emosional anak lebih berkembangan