Abstract:
Tri Finasti, “Pengaruh Penerapan Metode Iqro’ Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dan Kelancaran Membaca Al-Qur’an Santri Taman Pendidikan Al- Qur’an (Tpa) Al-Istiqomah Jl. Karya Kec. Sui Kakap Kab. Kubu Raya Tahun 2024”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penggunaan metode iqro’ di TPA Al-Istiqomah Jl. Karya Kec. Sui Kakap Kab. Kubu Raya Tahun 2024 misalnya ustadz/ustadzah menuntun santrinya dalam membaca Al-Qur’an atau membaca buku iqro’, ustadz/ustadzah kurang memperhatikan santrinya dalam membaca Al-Qur’an atau membaca buku iqro, tidak menegur santrinya ketika membacanya kurang tepat, usadz/ustadzah menaikkan jilid santri sedangkan bacaannya masih belum lancar, para santri kurang bersemangat dalam latihan membaca sebelum disetorkan kepada ustadz/ustadzahnya dengan menghabiskan waktu secara percuma dengan cara bermain-main dan mengobrol dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode iqro terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan kelancaran membaca al-qur’an santri di TPA Al-Istiqomah Jl. Karya Kec. Sui Kakap Kab. Kubu Raya Tahun 2024.
Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kepada ustad dan ustadzah TPA Al-Istiqomah Jl. Karya Kec. Sui Kakap Kab. Kubu Raya Tahun 2024 tes berupa tertulis dan lisan secara langsung kepada santri TPA Al- Istiqomah Jl. Karya Kec. Sui Kakap Kab. Kubu Raya Tahun 2024 dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa (1) metode iqro berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan nilai sig. 0,799 < 0,05, (2) metode iqro berpengaruh positif dan signifikan terhadap kelancaran membaca al-qur’an dengan nilai sig. 0,826 < 0,05 dan (3) metode iqro’ secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan kelancaran membaca al-qur’an dengan nilai sig. 0,894 < 0,05.