Abstract:
Deswita Safitri 12101190, Peran Keluarga dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas V LPI Zidna’Ilma Pontianak Timur. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Pontianak, 2025.
Pembentukan karakter religius pada siswa dipengaruhi secara signifikan oleh peran aktif keluarga sebagai lingkungan pendidikan pertama. Keluarga bukan hanya sebagai tempat berlangsungnya pendidikan informal, tetapi juga sebagai teladan dan pendamping utama dalam membentuk kepribadian religius anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran keluarga dalam membentuk karakter religius siswa kelas V di LPI Zidna’Ilma Pontianak Timur.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, dengan objek tiga orang tua siswa kelas V, guru kelas V, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data diperoleh melalui triangulasi dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga berperan penting dalam membentuk karakter religius siswa melalui: lingkungan keluarga yang religius, keteladanan, pembiasaan ibadah di rumah, komunikasi yang efektif, pengawasan perilaku anak, serta pengaruh media digital, teman sebaya, peran sekolah, dan budaya masyarakat. Sinergi antara keluarga, sekolah, dan lingkungan sosial menjadi faktor pendukung terbentuknya karakter religius anak.