Abstract:
DAHLIA. Respon peserta didik Terhadap penggunaan media sosial TikTok kelas x mas al-ma’arif desa kuala dua Kecamatan sungai raya kabupaten kubu raya Tahun pelajaran 2024 / 2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2025.
Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mengetahui respon peserta didik Terhadap penggunaan media sosial TikTok kelas x mas al-ma’arif desa kuala dua Kecamatan sungai raya kabupaten kubu raya Tahun pelajaran 2024 / 2025,(2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat media sosial tiktok sebagai media pembelajaran MAS Al-Ma'arif Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, data direduksi dan disajikan sebelum dibuat kesimpulan. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Minat siswa terhadap platform media sosial TikTok. Siswa menganggap bahwa akses informasi melalui media sosial ,TikTok sangat mudah, dan hal ini dianggap sebagai salah satu keunggulan dalam penyebaran berita terbaru secara cepat. Adapun yang menjadi faktor pendukung pada penggunaan media sosial TikTok dalam pembelajaran yaitu seperti; Tersedianya fasilitas yang memadai, dukungan dari kepala sekolah, dorongan eksplorasi dari guru, dan respon positif dari peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa cenderung tidak kondusif saat tidak diawasi, masih minimnya pemahaman terkait penggunaan media sosial TikTok, serta beberapa siswa cenderung menggunakan komputer untuk bermain sebelum diizinkan menggunakan perangkat tersebut