PEMIKIRAN ABUDDIN NATTA TENTANG STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Aziz, Abdul
dc.contributor.advisor Sapendi, Sapendi
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author SURIYANI, SURIYANI
dc.date.accessioned 2025-08-20T01:42:31Z
dc.date.available 2025-08-20T01:42:31Z
dc.date.issued 2025-07-31
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7453
dc.description.abstract Suriyani 11811306, “PEMIKIRAN ABUDDIN NATA TENTANG STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM” ,Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025. Salah satu tokoh pemikir pendidikan Islam di Indonesia yang banyak memberikan kontribusi dalam hal strategi pembelajaran adalah Prof. Dr. H. Abuddin Nata. Dalam berbagai karya ilmiahnya, beliau menekankan pentingnya strategi guru yang tidak hanya berorientasi pada capaian akademik, tetapi juga pada pembentukan pribadi muslim yang utuh (insan kamil). Strategi pembelajaran menurut Abuddin Nata meliputi pendekatan yang integratif, kontekstual, keteladanan, pembiasaan, serta internalisasi nilai-nilai Islam. Maka dari itu peneliti ingin mengulas tetang pemikiran agar mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam menurut Abuddin Nata dan apa saja keunikan dari konsep strategi pembelajaran agama Islam menurut Abuddin Nata. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian yang hanya mengeksplorasi bahan-bahan kepustakaan/studi dokumen tanpa memerlukan penelitian lapangan (flied research). Literatur yang diteliti tidak hanya terbatas pada buku-buku, tetapi juga berupa bahan-bahan dokumentasi, majalah, jurnal, dan surat kabar atau mengakses situs-situs internet yang berkaitan dengan topik permasalahan yang akan dikaji. Berdasarkan hasil kajian dan pembahasan terhadap pemikiran Prof. Dr. H. Abuddin Nata mengenai strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, maka dapat disimpulkan, Strategi guru dalam pembelajaran PAI menurut Abuddin Nata tidak hanya bertujuan mentransfer ilmu, tetapi juga menanamkan nilai-nilai Islam secara menyeluruh. Strategi ini mencakup pendekatan yang menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa agar tercipta pribadi muslim yang utuh (insan kamil). Komponen strategi pembelajaran menurut Abuddin Nata meliputi: tujuan pembelajaran yang jelas, materi berbasis nilai Islam dan kehidupan, metode yang bervariasi, media dan sumber belajar yang relevan, guru sebagai teladan, lingkungan belajar yang mendukung, serta evaluasi yang menilai pengetahuan, sikap, dan perilaku secara seimbang. Strategi-strategi utama yang beliau tawarkan meliputi: strategi keteladanan, pembiasaan, internalisasi nilai, pendekatan kontekstual, serta strategi dialogis dan partisipatif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pemikiran Abuddin Nata en_US
dc.subject Strategi Guru en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam. en_US
dc.title PEMIKIRAN ABUDDIN NATTA TENTANG STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account