Abstract:
CICI RIANI (12006002) Efektivitas Penggunaan Media Website Perguruan Tinggi Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Pontianak: Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak:2025.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) Mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat perencanaan karir siswa yang menggunakan media website dengan siswa yang menggunakan metode ceramah (2) mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan media website dengan siswa metode ceramah (3) mengetahui apakah website perguruan tinggi efektif dalam meningkatkan perencanaan karir.
Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan jenis penelitian quasi eksperimen design. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, pedoman observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis data asumsi statistik, analisis deskriptif dengan uji t, dan uji cohen’s d.
Peneliti juga melakukan studi pendahuluan terlebih dahulu bahwa terdapat 46 siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Selanjutnya dibagi lagi kelas eksperimen 23 siswa dan kelas kontrol 23 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) perbedaan tingkat perencanaan karir siswa untuk kelas eksperimen memperoleh rata-rata post test 139,48 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata post test 134,87 menandakan media website memiliki peningkatan dibandingkan metode ceramah. 2) terdapat Pengaruh yang signifikan yang tinggi pada media website dibandingkan metode ceramah, dengan hasil P atau Sig. = 0,374>0,05. 3) media website dinyatakan memiliki efektivitas yang kecil, dapat dihitung menggunakan uji cohen’s d yaitu menunjukan hasil 0,045644.
Hasil efektivitas yang kecil menunjukkan bahwa intervensi atau perlakuan yang digunakan belum memberikan dampak yang besar. Untuk itu, penelitian selanjutnya bisa mencoba menggunakan metode, sampel, atau skala waktu yang berbeda guna memperoleh hasil yang lebih optimal.