Abstract:
ADE KIRANIA GISELLA PUTRI. 11914059 Analisis Interaksi Sosial Anak yang
Bermain Smartphone di RT 10 RW 05 Desa Raja Ngabang Kabupaten Landak. Skripsi.
Pontianak: Fakultas Adab dan Dakwah (FUAD) Prodi Psikologi Islam, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interaksi sosial anak yang bermain
smartphone di RT 10 RW 05 Desa Raja Ngabang Landak. Sumber data penelitian ini adalah
anak usia 6-12 tahun yang bermain smartphone, yang berjumlah 11 orang. Bertujuan
menganalisis: 1) Interaksi sosial anak yang bermain smartphone di RT 10 RW 05 Desa Raja
Ngabang Kabupaten landak ditinjau dari syarat terjadinya, 2) Interaksi sosial anak yang
bermain smartphone di RT 10 RW 05 Desa Raja Ngabang Kabupaten Landak ditinjau dari
bentuk-bentuknya, 3) Interaksi sosial pelaku anak yang bermain smartphone di RT 10 RW 05
Desa Raja Ngabang kabupaten Landak ditinjau dari jenis-jenisnya, 4) Interaksi sosial anak
yang bermain smartphone di RT 10 RW 05 Desa Raja Ngabang Kabupaten Landak ditinjau
dari ciri-cirinya, 5) Interaksi sosial anak yang bermain smartphone di RT 10 RW 05 Desa
Raja Ngabang Kabupaten Landak ditinjau dari faktor-faktornya.
Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan datanya digunakan wawancara
dan observasi dengan alat berupa handphone untuk mengumpulkan data Interaksi sosial anak.
Hasilnya dianalisis mengunakan analisis deskriptif naratif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Interaksi sosial di kalangan anak Desa Raja
yang bermain smartphone telah memenuhi syarat yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi.
Mereka juga melakukannya dengan seru, menyenangkan dengan membahas beragam hal
terutama jika membicarakan mengenai liburan yang menunjukan bahwa intensitasnya bagus,
hanya saja frekuensinya yang berkurang karena bermain smartphone, 2) Dalam berinteraksi
satu sama lain, anak-anak di Desa Raja yang bermain smartphone ternyata juga mengalami
empat bentuk interaksi sosial yang ditanyakan yaitu kerjasama, persaingan, konflik
akomodasi yang umumnya dalam bentuk berbagi mainan meski frekuensinya juga berkurang
karena kesibukan mereka bermain smartphone, 3) Meski frekuensinya berkurang akibat
tergerus aktivitas bermain smartphone, namum 3 jenis interaksi sosial yaitu interaksi
antarindividu, antarkelompok, dan antara individu dan kelompok terpenuhi/terlaksana, 4)
Selain itu ciri-ciri interaksi sosial juga terpenuhi yaitu adanya individu yang umumnya
memiliki hobi beraktivitas di luar rumah, hubungan yang baik terutama dengan teman yang
“baik” yang berbagi makanan/mentraktir, serta memiliki tujuan yang dalam jangka panjang
berwujud cita-cita menjadi polisi, tantara, dokter, atau atlet, 5) Empat faktor interaksi sosial
pada anak yang bermain smartphone di Desa Raja. Empat faktor dimaksud adalah faktor
imitasi dari tokoh nyata maupun tokoh hayalan, faktor sugesti yang mereka dapatkan melalui
pujian, faktor identifikasi dengan mengacu pada orangtua, saudara, guru atau tokoh animasi,
serta faktor simpati dalam bentuk rasa kasihan dan memberikan pertolongan kepada orang
lain.