Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk 1) Untuk mengetahui bagaimana penjualan
rumah bersubsidi sebelum terjadinya pandemi covid-19. 2) Untuk mengetahui
bagaimana penjualan rumah bersubsidi dimasa pandemi covid-19.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.
Metode pengumpulan data terdiri dari teknik, observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, data display,
dan verifikasi (kesimpulan) sedangkan untuk pemeriksa keabsahan data, peneliti
menggunakan teknik trianggulasi dan Member check.
Adapun hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa Dampak dari
pandemi covid-19 ini terhadap perumahaan bersubsidi PT Fachri Properti Land
adanya penurunan penjualan perumahaan yang sebelumnya perusahaan bisa
mencapai target 100 unit per-bulan, selama masa pandemi covid-19 turun hingga
50% penjualan perumahaan. Untuk meningkatkan daya beli masyarakat di masa
pandemi covid-19 perusahaan PT Fachri Properti Land menggunakan sistem
dengan cara promosi iklan di media sosial. Penerapan sistem ini dilakukan karena
lebih mudah dan sasaran bisa ke semua kalangan. Penerapan sistem selanjutnya
adalah penjualan langsung ke konsumen (personal selling) dan pelayanan (service).
Penerapan sistem penjualan ini di terapkan agar calon konsumen atau masyarakat
yang belum tertarik dan belum mengetahui perumahaan PT Fachri Properti Land,
dapat berminat untuk memiliki perumahaan PT Fachri Properti Land.