Abstract:
Siti Muhim 1210191, Pola Interaksi Antara Guru Dan Peserta Didik Di
Kelas VIII Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Miftahul
Huda Kubu Raya Tahun Ajaran 2024/2025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini di latar belakangi oleh proses pembelajaran di MTs Miftahul
Huda Kubu Raya terasa membosankan dan kurang menarik khususnya pada mata
pelajaran Akidah Akhlak. Selain itu, peserta didik juga mengungkapkan bahwa
suasana belajar yang tidak menyenangkan dan kegiatan belajar mengajar berjalan
seadanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, 1) bentuk pola interaksi
antara guru dan peserta didik di kelas VIII dalam pembelajaran Akidah Akhlak MTs
Miftahul Huda Kubu Raya. 2) faktor yang mempengaruhi pola interaksi antara guru
dan peserta didik di kelas VIII MTs Miftahul Huda Kubu Raya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian
ini adalah guru Akidah Akhlak dan peserta didik di kelas VIII di MTs Miftahul
Huda Kubu Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik
keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi data dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pola interaksi antara guru
dan peserta didik di kelas VIII dalam pembelajaran Akidah Akhlak MTs Miftahul
Huda Kubu Raya terdiri dari 3 pola interaksi yaitu pola interaksi satu arah, pola
interaksi dua arah, dan pola interaksi multi arah. Dalam kegiatan awal pembelajaran,
guru mengintruksi peserta didik untuk membaca secara mandiri kemudian
menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan materi, komunikasi hanya
berlangsung dari guru kepada peserta didik menunjukan pola interaksi satu arah.
Selanjutnya, guru membuka sesi tanya jawab, dan salah satu peserta didik merespon
dengan menganjukan pertanyaan, guru menjawab pertanyaan tersebut dengan
dikaitkan pada contoh kehidupan sehari-hari sehingga mencerminkan pola interaksi
dua arah. Guru juga membebaskan peserta didik membentuk kelompok secara
mandiri serta memfasilitasi diskusi dan presentasi, yang mencerminkan pola
interaksi multi arah. Kemudian faktor yang mempengaruhi pola interaksi ada dua
yakni faktor internal meliputi 1) kompetensi guru, guru telah menyiapkan rpp
kemudian latar belakang guru sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu sehingga
mendukung proses pembelajaran. 2) Kondisi peserta didik yang di mana peserta
didik mengalami kelelahan dan mengantuk sehingga menghambat proses interaksi
pembelajaran. Kemudian faktor eksternal meliputi 1) sarana dan prasarana, yaitu
keterbatasan ruangan, kipas angin, lemari, kain penutup jendela. 2) Metode dan
strategi pembelajaran menggunakan metode ceramah, dan diskusi kelompok dan
strategi kooperatif learning. 3) waktu pembelajaran yang dilaksanakan jam 12.30,
4) Media pembelajaran hanya menggunakan spidol, buku dan papan tulis.