Abstract:
Ismail Fauzi 12101223, Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII MTs Darul Khairat Kota Pontianak Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang: 1) Perencanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Khairat Kota Pontianak. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Khairat Kota Pontianak. 3) Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Darul Khairat Kota Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan analisis interaktif dengan sumber data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini ialah bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs Darul Khairat Kota Pontianak belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, karena ada beberapa kegiatan yang tertulis di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak terlaksana saat proses pelaksanaan pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah di buat oleh Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sudah sesuai dengan ketentuan Kurikulum yang diterapkan yaitu menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Dalam proses pembelajarannya terdapat beberapa kegiatan yang tidak dilaksanakan dan dalam kegiatan pembelajarannya sebagian waktu itu digunakan untuk menghafal juz 30 (Juz Amma) yang tidak ada kaitannya dengan materi yang dipelajari. Adapun Evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran yang diberikan oleh guru yaitu post tets berupa test lisan dan juga soal esai yang dijadikan tugas Pekerjaan Rumah (PR) walaupun tidak di setiap pertemuan.