Abstract:
NELI SAPITRI, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Strategi Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Fiqih Di Kelas VIII Mts. Nurul Jadid Wajok Hulu Tahun Ajaran 2024/2025; Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Dalam proses pembelajaran, siswa diharapkan memiliki motivasi belajar yang tinggi agar dapat memahami materi secara optimal. Namun, kenyataan masih banyak siswa kelas VIII MTs Nurul Jadid yang menunjukkan motivasi belajar yang rendah. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang hanya berpusat pada guru semata sehingga siswa tidak konsentrasi saat pelajaran dimulai, siswa masih tidak memperhatikan guru saat mengajar, siswa ada yang tidur ketika guru menjelaskan, siswa terlambat masuk saat jam pelajaran, dan siswa yang keluar masuk pada saat jam pelajaran
Tujuan penelitian ini ialah : 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi snowball throwing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII setelah diterapkannya strategi snowball throwing pada mata pelajaran fiqih 3) Untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII sebelum diterapkan strategi snowball throwing dan sesudah diterapkan strategi snowball throwing
Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan strategi Snowball throwing dan dilalui dengan empat tahapan; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah peneliti selaku guru yang melaksanakan tindakan, Guru mata pelajaran fiqih dan seluruh siswa/i kelas VIII MTs. Nurul Jadid Wajok Hulu, adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket/kuisioner dan dokumentasi
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran selama dua siklus. Pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa adalah 78,13% dengan kategori “Sedang”. Sementara pada siklus II rata-rata motivasi belajar siswa adalah 94,17% dengan kategori tinggi. Peningkatan motivasi belajar fiqih siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,04%.
Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan strategi snowball throwing pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs. Nurul Jadid Wajok Hulu.