Abstract:
SAHARA, Analisis Regresi Linier Sederhana untuk Menganalisis Pengaruh Kemampuan Numerik Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Bentuk Aljabar: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan numerik peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 SATAP Sungai Kakap, 2) Mendeskripsikan prestasi belajar materi bentuk aljabar peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 SATAP Sungai Kakap, 3) Menjelaskan pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap prestasi belajar peserta didik materi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 12 SATAP Sungai Kakap.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian hubungan asimetris. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas VII A dan VII B yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu tes dengan intrumen soal tes dan studi dokumen dengan instrumen perangkat elektronik (HP). Instrumen penelitian dianalisis dengan menggunakan: validitas isi, analisis butir (indeks kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh), reliabilitas, dan validitas konstruk. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis deskriptif, dan analisis regresi linier sederhana.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan numerik peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 SATAP Sungai Kakap mendapatkan nilai sebesar 43,5 termasuk ke dalam kategori rendah. Kemampuan numerik pada indikator penjumlahan diperoleh nilai rata-rata sebesar 38 dengan kategori sangat rendah, indikator pengurangan diperoleh nilai rata-rata sebesar 58 dengan kategori sedang, indikator perkalian nilai rata-ratanya 38 kategori sangat rendah, indikator pembagian nilai rata-ratanya 35 kategori sangat rendah, dan pada indikator aritmatika dasar diperoleh nilai 43 kategori rendah. (2) Prestasi belajar materi bentuk aljabar peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 SATAP Sungai Kakap mendapatkan nilai sebesar 44,2 termasuk ke dalam kategori rendah. Prestasi belajar pada indikator unsur-unsur bentuk aljabar diperoleh nilai rata-rata sebesar 95,2 kategori sangat tinggi. Dan pada indikator operasi bentuk aljabar diperoleh nilai rata-rata sebesar 38,53 kategori sangat rendah. Dari nilai rata-rata indikator Operasi Bentuk Aljabar terdapat soal yang mendapatkan skor paling rendah, yaitu soal 18 bagian pembagian, artinya rendahnya prestasi belajar berasal dari kemampuan numerik yang rendah. (3) Pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik terhadap prestasi belajar peserta didik materi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 12 SATAP Sungai Kakap bersifat positif dan sangat signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 77,62% termasuk kategori tinggi.