Abstract:
VENI ALVIONITA, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pola bilangan yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share; 2) kemampuan berpikir kritis peserta didik yang tidak diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share; 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pola bilangan; 4) besanya pengaruh yang ditimbulkan oleh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pola bilangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MTs Mujahidin Pontianak dengan sampel yang digunakan adalah kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 30 peserta didik dengan teknikpemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, tes, dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu: lembar observasi, soal tes essay, dan perangkat elektronik. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah 1) analisis instrumen (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda); 2) analisis deskriptif (mean, persentase); 3) analisis inferensial (uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji pengaruh).
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka diperoleh bahwa 1) kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model TPS menunjukkan tingkat pemahaman dengan kategori tinggi dengan keunggulan yang signifikan terutama pada indikator evaluasi dan inferensi; 2) kemampuan berpikir kritis peserta didik yang tidak diajar menggunakan model TPS menunjukkan tingkat pemahaman dengan kategori tinggi namun tidak unggul dalam kategori evaluasi dan inferensi; 3) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang ditunjukkan oleh nilai signifikansinya <0,001; 4) besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah sebesar 1,1 dengan persentase 86% yang berada pada kategori tinggi berdasarkan perhitungan Cohen’s D.