Abstract:
DITA LISTARI, Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik di SMAN 3 Pontianak: Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran di luar kelas masih sangat jarang diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah materi jarak antar titik peserta didik kelas
XII IPS di SMAN 3 Pontianak; (2) Mengetahui penerapan metode pembelajaran Outdoor Learning materi jarak antar titik pada peserta didik kelas XII IPS di SMAN 3 Pontianak; dan (3) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran Outdoor Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik kelas XII IPS di SMAN 3 Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design, suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menguji hubungan sebab-akibat antara variabel tanpa melakukan pengacakan secara penuh terhadap subjek penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik observasi/pengamatan dengan alat pengumpulan data berupa tes esai dan lembar observasi/pengamatan. Sedangkan untuk menganalisis datanya, peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa : 1) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XII IPS1 pada nilai rata-rata pre-test sebesar 45,00 sedangkan nilai rata-rata post-test 79,58 dan kelas XII IPS2 nilai rata-rata pre-test nya 45,07 dan nilai rata-rata post-test 63,70; 2) Penerapan metode pembelajaran outdoor learning dilakukan dengan tiga tahapan sebagai berikut, yang pertama tahap persiapan, yang kedua tahap pelaksanaan, dan yang ketiga tahap evaluasi; 3) Berdasarkan uji regresi linear sederhana, terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran outdoor learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Besar pengaruh dari metode pembelajaran outdoor learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah 64,5%.