Abstract:
AYU ROHMAWATI. 11811149. Pengaruh Penerapan Strategi Reading Aloud Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Firdaus Parit Akop Sungai Bakau Besar Darat. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII sebelum diterapkan strategi Reading Aloud di MTs Al-Firdaus Parit Akop. 2) Bagaimana penerapan strategi Reading Aloud pada siswa kelas VII di MTs Al-Firdaus Parit Akop. 3) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII setelah diterapkan strategi Reading Aloud di MTs Al- Firdaus Parit Akop. 4) Apakah terdapat pengaruh strategi Reading Aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Al-Firdaus Parit Akop.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre- eksperimen dan design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Firdaus Parit Akop Sungai Bakau Besar Darat yang berjumlah 19 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS Statistik 25.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa sebelum penerapan strategi reading aloud berkategori “Baik” dengan nilai persentase sebesar 78,5%. 2) Penerapan strategi reading aloud MTs Al-Firdaus Parit Akop berkategori “Sangat Baik” dengan mendapat nilai persentase sebesar 100%. 3) Kemampuan membca Al-Qur’an siswa sesudah penerapan strategi reading aloud berkategori “Sangat Baik” dengan nilai persentase sebesar 86,84%. 4) Terdapat pengaruh dari penerapan strategi reading aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Al-Firdaus Parit Akop Sungai Bakau Besar Darat. Dengan nilai Sig.(2-tailed) bernilai 0,005 lebih kecil dari 0,05 yang artinya Ha diterima.