Abstract:
Abdul Syukur, 12007064 Pengaruh pengetahuan santri generasi z ( gen z ) terhadap minat memilih produk Bank Syariah (Studi Santri Generasi Z Di Pondok Qur’an Ismuhuyahya )
Tujuan penelitian ini adalah tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini pada hakikatnya adalah Untuk mengetahui apakah pengaruh pengetahuan terhadap minat memilih produk bank syariah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kuantitatif. Sumber data penelitian ini ialah menggunakan data sekunder yang di hasilkan melalui kuesioner peneltian yaitu Google Form yang disebarkan kepada Santri pondok Qur’an ismuhuyahya. analisis data yang peneliti gunakan ialah analisis deskriptif. Variabel Independen dalam Penelitian ini ialah pengetahuan, dan Variabel Dependen ialah minat.
Berdasarkan pada anlisis yang telah dilakukan, oleh karena itu maka peneliti menyimpulkan bahwa: Pengetahuan santri Gen Z tentang perbankan syariah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat memilih produk bank syariah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t di mana nilai t hitung > t tabel serta nilai signifikansi < 0,05, yang artinya hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa 66,8% variasi minat santri dalam memilih produk bank syariah dijelaskan oleh variabel pengetahuan, sedangkan sisanya 33,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti.