Abstract:
Nila Pratini. Evaluasi Terhadap Pembelajaran Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Model CIPP di Kelas VIII MTs Al- Yaqin Riam Panjang Kabupaten Kapuas Hulu. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi evaluasi pembelajaran di MTs Al-Yaqin Riam Panjang belum berjalan secara optimal. Hal ini disebabkan ada beberapa faktor. Madrasah mengalami kekurangan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran. Berdasarkan fokus penelitian, maka tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan tentang hasil evaluasi terhadap pembelajaran rumpun mata pelajaran PAI di kelas VIII MTs Al-Yaqin Riam Panjang kabupaten kapuas hulu berdasarkan perspektif sistem PAI. Secara khusus tujuannya adalah untuk mendeskripsikan tentang hasil evaluasi terhadap: Konteks (context) rumpun mata pelajaran PAI di MTs Al-Yaqin Riam Panjang, Masukan (input) rumpun mata pelajaran PAI di MTs Al-Yaqin Riam Panjang, Proses (process) rumpun mata pelajaran PAI di MTs Al-Yaqin Riam Panjang dan Hasil/produk (product) rumpun mata pelajaran PAI di MTs Al-Yaqin Riam Panjang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriftif yang lokasi penelitiannya yaitu di MTs Al-Yaqin Riam Panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara observasi dan studi dokumen dengan alat berupa (handphone), lembar observasi dan lembar studi dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) konteks Pembelajaran rumpun mata pelajaran PAI di MTs AL-YAQIN Riam Panjang telah memiliki lingkungan kelas yang nyaman dan kondusif. Namun, masih terdapat beberapa kelemahan dan masalah seperti keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya minat baca dan belajar peserta didik, serta kesulitan memahami materi. 2) Evaluasi masukan Perencanaan pembelajaran rumpun mata pelajaran PAI di MTs AL-YAQIN Riam Panjang telah disusun dengan baik dan terstruktur, namun masih perlu peningkatan dalam pengelolaan sumber daya. 3) Evaluasi proses pembelajaran rumpun mata pelajaran PAI di madrasah sudah berjalan dengan baik dan efektif, dengan proses belajar mengajar yang terstruktur, interaktif, dan evaluasi rutin. Namun, masih perlu peningkatan dalam penggunaan metode dan media pembelajaran. 4) pembelajaran rumpun mata pelajaran PAI bertujuan membentuk perilaku dan akhlak yang baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI di madrasah telah berjalan dengan baik dalam membentuk karakter dan kemampuan peserta didik.