Abstract:
ILA SYAILA. Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Pembiasaan Shalat Dzuhur
Siswa Kelas 4 SD Negeri 11 Kecamatan Pontianak Kota. Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam Negeri Pontianak. 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada proses pembiasaan shalat Dzuhur
disekolah masih banyak siswa-siswi yang belum terbiasa menjalankan shalat secara
rutin, baik karena kurangnya pembiasaan dari lingkungan keluarga maupun minimnya
peran lembaga pendidikan dalam membentuk kebiasaan tersebut. Berdasarkan
identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada peran guru Pendidikan
Agama Islam dalam membiasakan siswa kelas 4 di SD Negeri 11 Kecamatan Pontianak
Kota untuk melaksanakan shalat Dzuhur di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran guru dalam membiasakan dan membimbing siswa dalam
melaksanakan shalat Dzuhur, dan mengkaji berbagai faktor yang mendukung dan
menghambat pelaksanaan kegiatan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh
data yang berhubungan dengan fokus masalah, sumber data penelitian ini adalah guru
PAI kelas 4 SD Negeri 11 Kecamatan Pontianak Kota. Analisa data bersifat kualitatif
dan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara, observasi
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif model Miles,
Huberman dan Saldana. Menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data
menggunakan member chechk, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut : 1)
Pelaksanaan shalat Dzuhur di sekolah sudah terlaksana. 2) Guru memberikan
pemahaman serta pelatihan agar siswa melaksanakan shalat Dzuhur tanpa perlu
perintah dari guru. 3) Guru mengajarkan tata cara shalat sesuai tuntunan dan melakukan
pengawasan langsung sebagai bentuk evaluasi. 4) Terdapat beberapa hambatan dalam
pelaksanaannya namun guru PAI dapat memberikan solusinya.