Abstract:
AGUN SETIAWAN SAPUTRA, 11825050. Analisis Strategi Pemasaran Digital Vidio Marketing dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Toko Gudang Snack Garuda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Strategi pemasaran yang dapat menarik masyarakat menjadi konsumen, yakni melalui strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan media online. Salah satu strategi marketing di era 5.0 ini adalah menggunakan konten video iklan. Strategi video marketing tersebut memainkan peranan sangat besar dalam upaya penjangkuan pelanggan potensial dan kampanye suatu merek atau brand yang akan berimbas pada peningkatan penjualan produk.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) Pelaksanaan strategi pemasaran digital video marketing dalam upaya untuk meningkatkan penjualan pada Toko Gudang Snack Garuda. 2) hambatan pelaksanaan strategi pemasaran digital video marketing dalam upaya meningkatkan penjualan pada Toko Gudang Snack Garuda.3) Keberhasilan strategi pemasaran digital video marketing dalam upaya meningkatkan penjualan pada Toko Gudang Snack Garuda.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu di Jl Imam bonjol, Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan dan untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan Triangualasi.
Berdasarkan penelitian, dapat diperoleh hasil bahwa: 1) strategi pemasaran melalui digital video marketing yang dilakukan oleh Toko Gudang Snack Garuda sangat bermanfaat sebagai media promosi digital ke konsumen dengan memperlihatkan kualitas produk, testimony yang menarik serta dapat menciptakan brand awareness sendiri, 2) Adapun hambatan hambatan dalam melaksanakan strategi pemasaran digital video marketing di toko gudang snack garuda dan dapat diarasi oleh pemilik usaha, 3) Tingkat keberhasilan dalam melakukan strategi digital video marketing yaitu video marketing yang meperlihatkan kualitas produk ke jangkauan lebih luas, selalu menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, membangun rasa percaya konsumen dengan melakukan pengecekan produk tidak layak jual/ expired serta selalu mengevaluasi produk agar tetap unggul.