Abstract:
AHMAD RIZKI MAULANA, Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Cinta Subuh dan Relevansinya terhadap Materi Akidah Akhlak di MTs: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Apa saja Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Cinta Subuh?; 2) Bagaimana Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Cinta Subuh terhadap Materi Akidah Akhlak di MTs?;. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Cinta Subuh; 2) Untuk mendeskripsikan Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Cinta Subuh terhadap Materi Akidah Akhlak di MTs;
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (library research). Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer, yaitu film Cinta Subuh dan sumber sekunder, yaitu berbagai literatur yang relevan dengan objek penelitian, termasuk buku, jurnal ilmiah, foto, dan dokumen lain yang berkaitan dengan film Cinta Subuh serta nilai-nilai pendidikan Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Cinta Subuh yaitu Aqidah yang meliputi ikhlas dengan takdir Allah dan bertaqwa, Syariah yang meliputi shalat fardhu, mencari ilmu, dan mengajarkan ilmu agama Islam, dan Akhlak yang meliputi tawadhu’, pemaaf, tolong-menolong, berbakti kepada orang tua dan guru, dan jujur.; 2) Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Cinta Subuh terhadap Materi Akidah Akhlak di MTs terdapat pada aspek Aqidah yang meliputi ikhlas dengan takdir Allah dan bertaqwa, aspek Syariah yang meliputi shalat fardhu, mencari ilmu, dan mengajarkan ilmu agama Islam, dan aspek Akhlak yang meliputi tawadhu’, pemaaf, tolong-menolong, berbakti kepada orang tua dan guru, dan jujur. Semua nilai tersebut tercermin melalui dialog dan adegan dalam film. Hal ini tentunya sangat relevan dan sejalan dengan materi Akidah Akhlak di tingkat Madrasah Tsanawiyah.