Abstract:
Dea Dwenta Septiani, (12106031). Layanan Informatif Penggunaan Media Poster dalam Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Peningkatan Pemahaman Kekerasan Gender Berbasis Online (KGBO) pada Siswa Kelas X SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI), Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian tersebut bermaksud guna mengidentifikasi: (1) Tingkat pemahaman KGBO sebelum dan sesudah diberikan layanan informatif menggunakan media poster; (2) Tingkat pemahaman KGBO sebelum dan sesudah diberikan layanan informatif melalui metode ceramah; (3) Perbedaan tingkat pemahaman KGBO antara siswa yang menggunakan media poster dan yang menggunakan metode ceramah; serta (4) Efektivitas media poster dalam layanan informatif terhadap pemahaman KGBO.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe pretest-posttest non-equivalent control group, yang melibatkan dua kelompok tanpa randomisasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya, dengan kelas X B sebagai kelompok eksperimen dan kelas X E sebagai kelompok kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pemahaman siswa kelas X terhadap Kekerasan Gender Berbasis Online (KGBO) meningkat signifikan setelah diberikan layanan informatif menggunakan media poster, ditunjukkan oleh skor pre-test sebesar 171 yang meningkat menjadi 379 pada post-test, dan persentase post-test jawaban benar persoal 85% dan nilai signifikansi 0,000. 2) Kelas kontrol yang menggunakan layanan informatif dengan metode ceramah juga mengalami peningkatan, dari skor 149 menjadi 213, dan persentase post-test jawaban benar persoal 47% dan nilai signifikansi 0,000, namun peningkatannya lebih rendah dibanding kelas eksperimen. 3) Terdapat perbedaan tingkat pemahaman KGBO antara kelompok eksperimen dan kontrol, di mana kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi, menunjukkan bahwa media poster lebih efektif dibanding ceramah. Perbedaan ini menunjukkan Media poster lebih efektif dari ceramah karena menyajikan informasi secara visual, ringkas, dan mudah dipahami. 4) Secara keseluruhan, media poster terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, Meskipun kedua kelompok menunjukkan peningkatan yang signifikan berdasarkan uji Wilcoxon Signed-Rank, kelas eksperimen yang menggunakan media poster menunjukkan peningkatan lebih tinggi secara kuantitatif dan persentase, didukung oleh hasil skor, persentase, dan analisis statistik, yang menegaskan efektivitas poster dalam memperjelas informasi layanan informatif.