Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan Jasa Makeup artist di Kota Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hakim, Luqman
dc.contributor.advisor Kalbarini, Rahmah Yulisa
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Nurjannah, Syamratun
dc.contributor.author Hasanah, Nur
dc.date.accessioned 2025-07-28T06:05:16Z
dc.date.available 2025-07-28T06:05:16Z
dc.date.issued 2023-11-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7024
dc.description.abstract Nur Hasanah (11903093), Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan Jasa Makeup artist di Kota Pontianak. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Media sosial menjadi salah satu alat transformasi digital yang memberi pengaruh besar bagi para pelaku jasa makeup artis khususnya untuk mempromosikan hasil makeup untuk meningkatkan pendapatan. Namun didalam penggunaan media sosial harus menggunakan kata-kata yang sopan dan mudah untuk dimengerti, sehingga konsumen merasa nyaman dan tertarik untuk melihat berbagai macam postingan yang ada. Selain itu penelitian ini juga ingin mengetahui pelaku bisnis makeup artist memanfaatkan media sosial. Kemudian penelitian ini juga untuk mengetahui relasi antara promosi di media sosial dengan pendapatan makeup artist. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Bisnis jasa makeup artist di Kota Pontianak masih memiliki peluang bisnis yang menjanjikan, hal ini dipengaruhi faktor jumlah penduduk yang banyak, moment-moment atau acara yang penting sehingga jasa makeup artist dibutuhkan. 2. Pelaku bisnis makeup artist telah memanfaatkan media sosial sebagai intermediasi antara owner makeup artist dan konsumen, media sosial digunakan untuk memasukkan foto-foto hasil karya owner makeup artist yang kemudian menjadi bahan promosi bisnis. 3. Relasi antara promosi di media sosial dengan pendapatan terlihat pada luasnya jaringan akses media sosial itu sendiri, sehingga konsumen dari semua daerah dapat mengakses media sosial jasa makeup artist tersebut, dengan adanya media sosial pendapatan jasa lebih meningkat, dari aspek ekonomi syariah maka etika bermedia sosial khususnya dalam bisnis telah di terapkan pada aspek kejujuran dan keadilan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pemanfaatan en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Pendapatan en_US
dc.subject Makeup artist en_US
dc.title Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan Jasa Makeup artist di Kota Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account