Abstract:
Cintya Savitry. 12101145. Pengaruh Penggunaan Metode Tsaqifah Terhadap Kemampuan Murid dalam Membaca Al-Qur’an di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Al-Akbar Komplek Pondok Nadieska Permai 2 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya murid TPA yang belum mencapai kemampuan optimal dalam membaca Al-Qur’an, meskipun telah mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Adapun tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan penggunaan Metode Tsaqifah di TPA Al-Akbar Pontianak, 2) Mengukur Kemampuan Membaca Al-Qur’an murid TPA Al-Akbar Pontianak, dan 3) Menganalisis Signifikansi Penggunaan MetodeTsaqifah terhadap kemampuan Membaca Al-Qur'an murid TPA Pontianak.
Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain One Shot Case Study, Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah murid TPA Al-Akbar yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ialah: 1) Penggunaan Metode Tsaqifah diperoleh skor sebesar 96,6. Nilai tersebut menunjukkan bahwa Penggunaan Metode Tsaqifah di TPA Al-Akbar Pontianak berada dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode ini telah berjalan dengan efektif, 2) Kemampuan Membaca Al-Qur’an dari 12 santri yang menjadi sampel penelitian terdapat 6 murid yang mendapatkan nilai sangat baik (50%), dan sebanyak 2 murid yang mendapatkan nilai cukup (17%), kemudian sebanyak 4 murid yang mendapatkan nilai kurang baik 3) Signifikansi dari hasil thitung yakni sebesar
3,7433. Selanjutnya, hasil tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel. Hasil ttabe.l adalah 2,23 dan 3,17. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya “ada "hubungan yang signifikan". MetodeTsaqifa terhadap kemampuan murid dalam Membaca Al-Qur'an di TPA Al-Akbar Pontianak.