Abstract:
INDAH SERI RAHAYU (12101170). Cara Guru Mengatasi
Peserta Didik Tidak Fokus Belajar Dengan Kompetensi Kepribadian
Guru PAI Dan Budi Pekerti Di SDN 05 Pontianak kota. Skripsi
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Pontianak, 2025.
Penelitian ini menjelaskan tentang cara guru mengatasi peserta didik
tidak fokus belajar dengan kompetensi kepribadian guru PAI dan budi
pekerti di SDN 05 Pontianak kota. Latar belakang penelitian ini
berlandaskan pada pentingnya peran guru, khususnya guru PAI, dalam
membina akhlak dan kepribadian siswa di tengah berbagai tantangan
pendidikan. Penelitian ini mengacu pada tiga hal utama yaitu bagaimana
kompetensi kepribadian guru PAI, upaya peningkatan kompetensi tersebut,
serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam
pelaksanaannya.
Teknik penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi yaitu dengan mewawancarai bapak Bayunur
muhammad selaku guru PAI dan budi pekerti di SDN 05 Pontianak kota
yang menjadi informan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa guru PAI di SDN 05 Kota Pontianak memiliki kompetensi
kepribadian yang sesuai dengan norma-norma kompetensi kepribadian yang
tercantum dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, yaitu berperilaku
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan budaya; menampilkan diri
sebagai insan yang bertaqwa, tangguh, dewasa, cerdas, dan berwibawa; serta
menjunjung tinggi kode etik profesi guru. kompetensi kepribadian
mencerminkan kemampuan personal yang berkepribadian yang mantap,
stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan
berakhlak mulia. Peningkatan kompetensi dilakukan melalui pendidikan
berkelanjutan, pembinaan, dan kegiatan keagamaan dengan peserta didik.
Faktor pendukung utamanya adalah dukungan lingkungan sekolah dan
pelatihan, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu
antara kewajiban pembinaan akhlak, dan pengembangan diri.