Abstract:
Nurul Syahida, 2023. Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Kegiatan Ekstrakurikuler
Rohani Islam Di SMA Negeri 1 Teluk Batang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi: Program
Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2022/2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Ekstrakurikuler Rohani Islam di SMA Negeri 1
Teluk Batang tidak dapat dipisahkan dari nilai-nilai moderasi beragama. Sebab sekolah ini
merupakan sekolah yang memiliki siswa dan siswi dengan latar belakang agama yang heterogen
seperti, Islam, Kristen Katolik, dan Konghucu. namun siswa dan siswi di SMAN Negeri 1 Teluk
Batang, mayoritas Beragama Islam. Dengan begitu, lembaga sekolah SMAN 1 Teluk Batang
sangat tepat untuk melakukan pembinaan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai moderasi
beragama seperti sikap toleransi agar menciptakan kerukukan antar umat beragama di sekolah
maupun di luar sekolah. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini di fokuskan
dalam implementasi nilai-nilai moderasi beragama pada kegiatan eskstrakurikuler Rohani Islam
di SMA Negeri 1 Teluk Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1)
Bentuk Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam di SMA Negeri 1 Teluk Batang.
2) Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani
Islam (Rohis) di SMA Negeri 1 Teluk Batang. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Kegiatan
Ekstrakurikuler Rohani Islam di SMA Negeri 1 Teluk Batang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk
memperoleh data yang berhubungan dengan fokus masalah. Sumber data dari penelitian ini
adalah guru penanggung jawab ekstrakurikuler Rohani Islam dan 4 orang peserta didik yang
mengikuti ekstrakurikuler Rohani Islam di SMA Negeri 1 Teluk Batang, Kayong Utara. Teknik
Pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis
data menggunakan metode deskriptif model Milles dan Huberman dengan pengumpulan data,
penyajian data, kondensasi data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Teknik pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi data dan member check.
Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam bertujuan membentuk akhlakul karimah, mewadahi
bakat dan minat peserta didik, melatih publik speaking, meningkatkan pendalaman pemahaman
agama, serta sebagai bekal dalam berdakwah, yang dihadirkan dalam program-program
kegiatan di dalam ekstrakurikuler rohani Islam, seperti: Tilawah, Mentoring, Pembiasaan
Sholat Dhuha, Kultum, Kegiatan Kesenian, Kegiatan PHBI, Kegiatan Malam Bina Iman dan
Taqwa dan kegiatan Tafaqur Alam. 2) Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada
kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai moderasi dan
nilai-nilai Islam yang sesuai dengan norma Agama. Implementasi nilai-nilai moderasi
beragama yang di lakukan pada kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam melalui prinsip nilai
nilai moderasi beragama yaitu: Toleransi, Anti Kekerasan, Akomodasi Kebudayaan Lokal dan
Komitmen Kebangsaan. 3) Terdapat faktor yang mempengaruhi kegiatan Ekstrakurikuler
Rohani Islam, diantaranya faktor penghambat dan pendukung. Faktor penghambat nya adalah
adanya bentrokan dengan ekskul yang lain seperti ekskul PMR, faktor malas dalam diri siswa
dan kurangnya motivasi dalam diri siswa. Sedangkan faktor pendukung dalam kegiatan ini
adanya dukungan dari pihak sekolah, partisipasi siswa dalam kegiatan dan sarana dan prasarana
yang memadai.