Abstract:
YOSSI ARMITA. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Microsoft Mathematics terhadap Minat Belajar Peserta Didik Materi Persamaan Kuadrat. Program Studi Tadris Matematika (TM) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN). 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dialami peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Pontianak yaitu kurangnya minat belajar peserta didik terhadap pelajaran matematika khususnya materi persamaan kuadrat. Hal ini disebabkan karena kurangnya metode dan media yang digunakan oleh guru serta guru belum mampu untuk memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) penggunaan aplikasi Microsoft Mathematics pada materi persamaan kuadrat; 2) minat belajar peserta didik pada materi persamaan kuadrat; dan 3) pengaruh penggunaan aplikasi Microsoft Mathematics terhadap minat belajar peserta didik pada materi persamaan kuadrat.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 10 Pontianak yang berjumlah 358 peserta didik. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XB dan XF, masing-masing kelas berjumlah 35 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: 1) observasi; 2) angket; dan 3) dokumentasi. Instrumen yang digunakan, yaitu: 1) lembar observasi; 2) lembar angket tertutup; dan 3) perangkat elektronik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu 1) analisis instrumen (validitas dan reliabilitas); 2) analisis deskriptif (median, modus, dan persentase); dan 3) analisis inferensial (uji kesetaraan minat awal (uji Mann Whitney U-Test) dan uji perbedaan minat akhir (uji Mann Whitney U-Test)).
Berdasarkan pada analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh: 1) hasil observasi penggunaan aplikasi Microsoft Mathematics di kelas X SMA Negeri 10 Pontianak berjalan lancar dengan terlaksananya setiap langkah penggunaan aplikasi Microsoft Mathematics.; 2) minat belajar pada kelas eksperimen sebelum perlakuan adalah sebesar 54,28% (kategori rendah) dengan median sebesar 59 dan modus sebesar 58, kemudian setelah perlakuan menjadi 80% (kategori tinggi) dengan median dan modus sebesar 87. Sedangkan, kelas kontrol (awal) memperoleh persentase sebesar 54,28% (kategori tinggi) dengan nilai median dan modus sebesar 76 dan kelas kontrol (akhir) memperoleh persentase sebesar 57,14% (kategori tinggi) dengan median dan modus sebesar 77; dan 3) kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki minat awal yang setara dengan nilai signifikansi sebesar (0,111)>0,05 dan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi Microsoft Mathematics dengan nilai signifikansi sebesar (0,003)<0,05 serta memiliki besar pengaruh 0,356 dengan kategori sedang.