PENGEMBANGAN METODE BELAJAR TAHSIN HABIT BERBASIS PRINSIP-PRINSIP ATOMIC HABITS DI KELAS X PADA PROGRAM TAHSINUL QUR’AN SMAS MUJAHIDIN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.advisor Hasanah, S. Nor
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.author Rusdiansyah, Bayu
dc.date.accessioned 2025-07-24T08:12:52Z
dc.date.available 2025-07-24T08:12:52Z
dc.date.issued 2025-07-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6985
dc.description.abstract BAYU RUSDIANSYAH, 12101092. Pengembangan Metode Belajar Tahsin Habit Berbasis Prinsip-Prinsip Atomic Habits di Kelas X Pada Program Tahsinul Qur’an Sekolah Menengah Atas Swasta Mujahidin Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Metode Belajar Tahsin Habit Berbasis Prinsip-Prinsip Atomic Habits di Kelas X Pada Program Tahsinul Qur’an di Sekolah Menengah Atas Swasta Mujahidin Pontianak. Sebagai respons terhadap tantangan yang dihadapi guru dalam mengefisienkan waktu, meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik, maka tujuan peneliti yaitu untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan metode belajar peserta didik di kelas X pada program tahsinul Qur’an di Sekolah Menengah Atas Swasta Mujahidin Pontianak; 2) Mendeskripsikan pengembangan metode belajar Tahsin Habit di kelas X pada program tahsinul Qur’an Sekolah Menengah Atas Swasta Mujahidin Pontianak; 3) Menjelaskan dampak metode belajar Tahsin Habit terhadap ketuntasan belajar peserta didik di kelas X pada program tahsinul Qur’an SMAS Mujahidin Pontianak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, yaitu metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektivitas produk tersebut atau untuk menyempurnakan produk yang sudah ada. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah metode belajar Tahsin Habit untuk mata pelajaran Tahsin pada materi Tajwid hukum nun sukun dan tanwin di kelas X Sekolah Menengah Atas Swasta Mujahidin Pontianak, yang diuji validitas dan efektivitasnya. Penelitian ini mengikuti prosedur analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian dan pengembangan Metode Belajar Tahsin Habit di Kelas X Pada Program Tahsinul Qur’an Sekolah Menengah Atas Swasta Mujahidin Pontianak menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan metode belajar tahsin di Sekolah Menengah Atas Swasta Mujahidin Pontianak yaitu metode privat; 2) Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan desain pembelajaran, metode ini layak digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi sebesar 100% dan hasil validasi desain pembelajaran mencapai 96%; 3) Ketuntasan belajar peserta didik dibuktikan dengan hasil pretest, posttest dan uji beda yang menunjukkan metode belajar Tahsin Habit efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pengembangan Metode Belajar en_US
dc.subject Atomic Habits en_US
dc.subject Ketuntasan Belajar en_US
dc.subject Tahsin en_US
dc.title PENGEMBANGAN METODE BELAJAR TAHSIN HABIT BERBASIS PRINSIP-PRINSIP ATOMIC HABITS DI KELAS X PADA PROGRAM TAHSINUL QUR’AN SMAS MUJAHIDIN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account