Abstract:
Heni Sulistina 2025. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Menghafal Bacaan Shalat Pada Siswa Kelas IV Di MIN 3 Pontianak.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas IV MIN 3 Pontianak dalam menghafal bacaan shalat, yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran fiqih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan data tentang faktor internal, eksternal dan cara mengatasi kesulitan menghafal bacaan shalat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer berasal dari siswa dan guru, sedangkan sumber data sekunder meliputi jurnal ilmiah, buku referensi, laporan instansi, arsip dokumentasi, dan hasil penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dengan reduksi data, penyajian naratif, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik dan sumber, serta membercheck.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam menghafal bacaan shalat yang disebabkan oleh faktor internal adalah kurangnya motivasi, perbedaan daya ingat, dan kecemasan. Adapun faktor eksternal seperti panjangnya bacaan, gangguan teman, dan keterbatasan media pembelajaran.