IMPLEMENTASI LAYANAN DIGITAL BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) PADA GENERASI Z DI DESA SUNGAI BULAN KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yulia, Yulia
dc.contributor.advisor Miskari, Miskari
dc.contributor.advisor Lestary, Dini
dc.contributor.advisor Tezar, Muhammad
dc.contributor.author Wati, Desi Sherliana
dc.date.accessioned 2025-07-24T06:07:27Z
dc.date.available 2025-07-24T06:07:27Z
dc.date.issued 2025-07-10
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6970
dc.description.abstract DESI SHERLIANA WATI (12107049), “Implementasi Layanan Digital Bank Syariah Indonesia (BSI) Pada Generasi Z Di Desa Sungai Bulan Kabupaten Kubu Raya.” Skripsi, Pontianak: Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Istitut Agama Islam Negeri ( IAIN) Pontianak, 2025. Generasi Z sangat terkait dengan teknologi digital, dan sebagian besar generasi ini menjadi pengguna aktif layanan perbankan digital, yang lebih tertarik pada segala sesuatu yang praktis dan terkesan kekinian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan digital Bank Syariah dalam perspektif Generasi Z serta mengidentifikasi hambatan dan kemudahan yang dihadapi dalam penggunaan layanan tersebut di Desa Sungai Bulan, Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode field research. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi terhadap Generasi Z yang tinggal di Desa Sungai Bulan, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, buku, skripsi, dan lembaga terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar Generasi Z di desa tersebut terbukti familiar dan merasa nyaman menggunakan layanan Mobile Banking Bank Syariah. Sebanyak 25 responden menyatakan bahwa layanan ini sangat membantu dalam transaksi sehari-hari karena menyediakan berbagai fitur yang memberikan efisiensi waktu, fleksibilitas, dan kemudahan akses. Namun, tidak semua fitur digunakan secara optimal karena sebagian pengguna masih awam terhadap beberapa fitur dalam aplikasi tersebut. Hambatan utama yang juga ditemukan adalah ketergantungan pada jaringan internet yang stabil, di daerah dengan kualitas jaringan rendah, pengguna mengalami kesulitan dalam mengakses layanan Mobile Banking. Temuan ini menunjukkan pentingnya peningkatan literasi digital dan perbaikan infrastruktur jaringan untuk mendukung pemanfaatan layanan perbankan syariah digital secara lebih luas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Layanan Digital en_US
dc.subject Bank Syariah Indonesia en_US
dc.subject Generasi Z en_US
dc.title IMPLEMENTASI LAYANAN DIGITAL BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) PADA GENERASI Z DI DESA SUNGAI BULAN KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account