Abstract:
DETI AYUNI. Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap
Pergaulan Remaja Pada Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,
2023.
Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan mata pelajaran yang bukan
mengharapkan para peserta didik mampu memahami materinya saja, tetapi juga
mengharapkan agar peserta didik mampu menerapkan materi dalam kehidupan
sehari-hari. Namun, realitanya di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak masih ada
siswa yang ketika mereka bergaul masih menggunakan kata-kata yang tidak
pantas diucapkan dan juga masih ada yang membuli temannya serta kurang
menyimak penjelasan guru dan sibuk berbicara dengan teman sebangku.
Berdasarkan fenomena tersebut peneliti berasumsi bahwa pembelajaran Aqidah
Akhlak dapat berpengaruh terhadap pergaulan remaja, sehingga peneliti ingin
melakukan penelitian tentang pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap
pergaulan remaja pada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dan mendeskipsikan data
tentang: (1) Pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023, (2) Pergaulan Remaja Pada Peserta Didik
Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023, dan
(3) pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap pergaulan remaja pada peserta
didik kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu Sample Random Sampling dan sampel yang
digunakan 72 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket dengan
menggunakan skala likert pada variabel x dan variabel y.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aqidah akhlak
kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023
mencapai angka 46,63% kategori baik karena terletak pada interval 40%-60%.
Hal ini dapat dilihat dari proses pelaksanaan dari awal hingga akhir pembelajaran
terlaksana dengan baik. sedangkan pergaulan remaja pada peserta didik mencapai
angka 48,82% berada pada kategori baik karena terletak pada interval 40%-60%.
Hal ini juga dapat dilihat dari jawaban responden yang menunjukkan
sikap/tindakan terhadap orang yang lebih muda mapun teman sebaya rata-rata
lebih banyak menjawab sering dan selalu.
Berdasarkan data 1-2 diatas maka terdapat pengaruh yang cukup karena
diperoleh angka korelasi antara variabel X dan Y sebesar 0,586. Dengan melihat
tabel indeks korelasi product moment, maka terletak antara 0,400-0,600
dinyatakan bahwa antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang atau
cukupan. Sedangkan pengaruh lainnya dipengaruhi aspek-aspek yang lain.