Pembelajaran Al-Qur’an Hadits diMadrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Shibyan Kelas VII Kabupaten Kubu Raya Tahun pelajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Elisa, Elisa
dc.date.accessioned 2025-07-23T07:09:29Z
dc.date.available 2025-07-23T07:09:29Z
dc.date.issued 2023-10-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6955
dc.description.abstract ELISA, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits diMadrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Shibyan Kelas VII Kabupaten Kubu Raya Tahun pelajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pembelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan pembelajaran yang sangat urgensi untuk diajarkan khususnya siswa MTs/SMP. Diperlukan peran serta guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran yang menyangkut Al-Qur’an yakni Al-Qur’an Hadits. Dalam proses pelaksanaan suatu mata pelajaran sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Adapun penelitian ini berupa: (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Al Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Shibyan Kabupaten Kubu Raya. (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Shibyan Kabupaten Kubu Raya. (3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Shibyan Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Oleh karena itu pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. adapun tehnik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasin. Adapun sumber data penelitian ini adalah Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang mengajar di kelas VII MTs Tarbiayatus Shibyan Kabupaten Kubu Raya sebanyak 1 orang dan seluruh murid MTs Tarbiyatus Shibyan Kabupaten Kubu Raya kelas VII sebanyak 12 orang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur”an Hadits di MTs Tarbiyatus Shibyan kelas VII belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, karena ada beberapa kegiatan yang tertulis di Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak terlaksana saat proses pelaksanaan pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah di buat oleh Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sudah sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013 yang ada yaitu menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Namun dalam proses pelaksanaan pembelajaran tersebut ada beberapa kegiatan yang tidak dilaksanakan. kegiatan pembelajaran lebih dominan pada menghafal juz Amma (Juz 30) dan evaluasi yang diberikan oleh guru hanya berupa Esai yang dijadikan tugas Pekerjaan Rumah (PR) dan itupun tidak setiap pertemuan karena guru tersebut lebih memfokuskan pada kegiatn menghafal Juz Amma (Juz 30) dan surah yang dihafal tidak ada kaitannya dengan materi yang sedang dipelajari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.subject Hadits en_US
dc.title Pembelajaran Al-Qur’an Hadits diMadrasah Tsanawiyah Tarbiyatus Shibyan Kelas VII Kabupaten Kubu Raya Tahun pelajaran 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account