Abstract:
AGUSTINA 12111046, Pengaruh Penggunaan Permainan Ular Tangga Terhadap pengembangan Kemampuan Berfikir Logis Pada Anak Usia Dini Di Paud Al-Muakrromah Pontianak. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negri Pontianak (IAIN) Pontianak 2025.
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kemampuan berfikir logis pada anak suai dini di PAUD AL-Muakrromah Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penggunaan permainan ular tangga pada anak usia dini di PAUD AL-Mukarromah; 2) untuk mengetahui kemampuan berfikir logis kelas eksperimen dan kelas kontrol pada anak usia dini di PAUD AL-Mukarromah; 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan ular tangga terhadap kemampuan berpikir logis pada anak usia dini di PAUD AL-Mukarromah; 4) untuk mengetahui besar pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan berfikir logis di PAUD AL-Mukarromah.
Penenelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Eksperimen. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen Desain. Teknik sampling yang digunakan adalah pada seluruh anak PAUD AL-Mukarromah terdiri dari 2 kelas B1 25 anak dan B2 21 anak. Total keseluruan berjumlah 46 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik sampling total dimana seluruh populasi menjadi sampel penelitian Instrumen untuk menggambil data kemampuan berpikir logis. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, cheklis, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik infrensial
Penggunaan permainan ular tangga pada kelas eksperimen di PAUD AL-Mukarromah pontianak menggunakan kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Permainan ini menggunakan papan ular tangga yang berbahan spanduk, yang berisikan 20 kotak berwarna warni. Setiap kotak memiliki misi atau pertanyaan yang harus dikerjakan dan terdapat dadu untuk menentukan anak berjalan beebrapa langkah. Pada permainan ini anak yang akan menjadi pion dan terlibat langsung pada kegiatan ini.
Hasil dari mengembangkan kemampuan berpikir logis kelas eksperimen pre-test mendapat nilai rata-rata 42,84 sedangkan post-tes mendapatkan nilai rata-rata 93,20. Kelas kontrol pre-test nilai rata-rata 42,71 dan post-test 45,68 terdapat peningkatan terhadap kemampuan berpikir logis pada kelas eksperimen. Terdapat pengaruh permainan ular tangga dengan hasil uji paired sampel t-test nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05.
Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan berpikir logis pada anak usia dini di PAUD AL-Muakrromah dengan melihat hasil dari N-GAIN Score. Pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 88,2594 atau 88,3% untuk mengetahui peningkatan maka 88/100= 0,88 bisa kita simpulkan bahwa N-Gain Score kelas eksperimen termasuk katagori tinggi. Sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 5,1228 atau 5,1% termasuk kategori kurang efektif.