Abstract:
Fitra satriansyah. “Nilai-Nilai Pendidikan dalam Surah Al-Hujurat ayat 13: Relevansinya bagi Guru dan Siswa” Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Untuk mengetahui relevansi Nilai-Nilai pendidikan yang terkandung dalam Surah Al-Hujurat ayat 13, terutama bagi guru dan siswa.
Metode penelitian yang digunakan peneliti untuk memeperoleh data yaitu penelitian kualitatif dengan jenis riset kepustakaan (library research) jenis penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder serta menggunakan teknik pengumpulan data, pengolahan data dan analisis data.
Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa; 1) Nilai-nilai pendidikan dalam Surah Al-Hujurat ayat 13, mengandung nilai-nilai yang mendalam yaitu seperti, Ta’aruf (Saling Mengenal): Menekankan pentingnya interaksi sosial yang harmonis dan saling memahami dalam keberagaman; Toleransi: Menghargai perbedaan suku, bangsa, dan latar belakang sebagai anugerah Allah; Kesetaraan: Menegaskan bahwa semua manusia setara di hadapan Allah, dan kemuliaan hanya ditentukan oleh ketakwaan; Takwa: Menjadi tolok ukur utama dalam membentuk karakter mulia, baik secara spiritual maupun sosial; 2) Relevansi bagi Guru; Guru berperan sebagai teladan dalam menerapkan nilai-nilai kesetaraan, keadilan, dan toleransi di lingkungan sekolah, Pendekatan pendidikan harus berbasis kasih sayang, dialog, dan keteladanan akhlak, Guru perlu menciptakan lingkungan belajar inklusif yang mendorong kolaborasi dan penghargaan terhadap perbedaan, sedangkan bagi Siswa; Siswa diajarkan untuk menghargai teman dari berbagai latar belakang, menghindari diskriminasi, dan mengembangkan sikap empati, Takwa menjadi landasan dalam membentuk integritas, kejujuran, dan tanggung jawab dalam belajar maupun kehidupan sehari-hari, Pendidikan tidak hanya berorientasi pada prestasi akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter yang bermanfaat bagi masyarakat.