Abstract:
NAJLA IMTINAN, (12105006) Optimalisasi Instagram @iainptk_official
Sebagai Media Informasi Digital (Studi Pada Humas IAIN Pontianak): Fakultas
Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Program Komunikasi dan Penyiaran Islam
(KPI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui pengoptimalan instagram
@iainptk_official sebagai media informasi digital pada Humas IAIN Pontianak dan
faktor
pendukung serta hambatan dalam mengoptimalkan instagram
@iainptk_official sebagai media informasi digital pada Humas IAIN Pontianak.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
studi kasus (case study). Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu
pihak
Humas IAIN Pontianak khususnya pengelola akun instagram
@iainptk_official yang terdiri dari koordinator, admin instagram dan desainer
visual, kemudian sumber data skunder yaitu Mahasiswa IAIN Pontianak dan
beberapa artikel, buku dan dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan topik
penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi
data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan dan
verifikasi (conclusion drawing/verification)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi yang dilakukan oleh
Humas IAIN Pontianak di antaranya mengelompokan tim pengelola instagram
sesuai dengan bidang keahlian masing-masing anggota, merencanakan dan
menyusun urutan konten yang akan diunggah di Instagram berdasarkan kalender
akademik IAIN Pontianak, merancang design visual yang informatif berupa
pamflet atau poster, dengan menjaga konsistensi identitas visual mengikuti
Graphic Standard Manual (GSM) Kementerian Agama Republik Indonesia.
Pengelolaan Instagram @iainptk_official oleh Humas IAIN Pontianak telah
berjalan dengan cukup baik, meskipun belum sepenuhnya optimal. Salah satu aspek
yang masih perlu ditingkatkan adalah proporsi konten akademik, agar lebih selaras
dengan kebutuhan informasi mahasiswa. Sedangkan faktor pendukung meliputi
meningkatnya Sumber Daya Manusia (SDM), koordinasi tim yang solid, dukungan
pimpinan, serta ketersediaan alat desain atau fasilitas yang cukup memadai dan
memanfaatkan serta mengoptimalkan fitur instagram seperti instastory, feed, live
streaming dan lainnya. Selain itu, keterlibatan mahasiswa magang atau PPL juga
berkontribusi dalam produksi konten Instagram. Sementara hambatan yang
ditemukan mencakup perubahan informasi yang mendadak serta kurangnya
interaksi dua arah melalui komentar atau pesan langsung, yang hingga saat ini
masih dalam proses upaya penguatan dan pengembangan oleh tim Humas agar
dapat diterapkan secara konsisten dan merata di setiap unggahan.