POLA KOMUNIKASI KELOMPOK PADA KELAS TAHSIN DEWASA DI YAYASAN AL-IZZAH KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Aminah, Syarifah
dc.contributor.advisor Andrian, Bob
dc.contributor.advisor Hefni, Harjani
dc.contributor.advisor Habibi, Muhammad
dc.contributor.author syaifullah, irfan
dc.date.accessioned 2025-07-22T03:42:44Z
dc.date.available 2025-07-22T03:42:44Z
dc.date.issued 2025-05-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6923
dc.description.abstract IRFAN SYAIFULLAH, Pola komunikasi kelompok pada kelas tahsin dewasa di Yayasan Al-Izzah Pontianak Kota: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025. Berbagi pengalaman yang dialami oleh setiap individu dan memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan merupakan cara berkomunikasi dengan baik, maka sumber komunikasi itu sendiri, Al-Quran harus baik bacaannya. Rendahnya kemampuan bacaan Al-Quran dikalangan umat islam di Indonesia menyebabkan pola komunikasi kelompok yang efektif pada program tahsin dewasa sangat diperlukan, Oleh karena itu, Yayasan Al-Izzah Islam mulia hadir dimasyarakat agar terciptanya masyarakat yang mampu untuk membaca Al-Quran dengan baik dan benar melalui program-program yang disediakan oleh Yayasan Al-Izzah Islam mulia. Untuk mengoptimalkan pembelajaran dimasarakat ini dibutuhkan pola komunikasi kelompok yang terarah, namun pola komunikasi kelompok yang ada tidak berjalan begitu saja dibutuhkan pengetahuan terkait interaksi antar anggota dan proses komunikasi di dalamnya, sehingga tersusun menjadi suatu pola tertentu pada kelas tahsin dewasa tersebut. Maka, peneliti mengangkat Yayasan Al-Izzah yang berlokasi di Pontianak kota khusus pada program tahsin dewasanya untuk dijadikan penelitian. Peneliti mengumpulkan data dengan jenis pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif yang dilakukan secara purposive pada teknik penelitan wawancara, observasi partisipasif, dan dokumentasi. Dengan teknik pengumpulan data secara berkelanjutan hingga datanya jenuh dan mengeidentifikasi informasinya secara relevan serta menggunakan Analisis data untuk menentukan keabsahan data pada Para pengajar kelas tahsin dewasa dan peserta kelas tahsin dewasa yang berada di level 3 dan 4. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pola komunikasi kelompok pada kelas tahsin dewasa memiliki pola semua lingkaran dilihat dari interaksi dan juga proses komunikasi yang berlansgung pada kelas tersebut. Secara Spesifik interaksi yang berjalan kelas tahsin dewasa berlangsung secara verbal ataupun nonverbal, dilihat dari penyampaian pesan secara langsung menggunakan bahasa dan menggunakan simbol visualisasi pada kelas tersebut. Adapaun proses komunikasi yang berlangsung pada kelas tahsin dewasa memiliki proses secara satu arah, dua arah (diadik), dan banyak arah, dilihat dari penyampaian materi, proses talaqqi, dan diskusi yang berlangsung pad kelas tahsin dewasa tersebut. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pola Komunikasi en_US
dc.subject Kelompok en_US
dc.subject Kelas Tahsin en_US
dc.title POLA KOMUNIKASI KELOMPOK PADA KELAS TAHSIN DEWASA DI YAYASAN AL-IZZAH KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account