STRATEGI BANK MEGA SYARIAH KC PONTIANAK DALAM MEMASARKAN PRODUK PEMBIAYAAN PEMILIKAN RUMAH (PPR) DI TENGAH PERSAINGAN ANTAR BANK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.advisor Widiati, Ari
dc.contributor.advisor Firman, Firman
dc.contributor.advisor Bahtiar, Eko
dc.contributor.author Putra, Gusti Adi
dc.date.accessioned 2025-07-21T06:48:22Z
dc.date.available 2025-07-21T06:48:22Z
dc.date.issued 2025-07-09
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6909
dc.description.abstract GUSTI ADI PUTRA (12107058), Strategi Bank Mega Syariah KC Pontianak Dalam Memasarkan Produk Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) Di Tengah Persaingan Antar Bank. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas ekonomi dan bisnis islam, Institut Agama Islam (IAIN) Pontianak, 2025. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pembiayaan perumahan syariah di Pontianak, yang tercatat sebagai salah satu kota dengan kenaikan harga rumah tertinggi di Indonesia berdasarkan data Bank Indonesia. Kenaikan harga properti yang signifikan ini terjadi di tengah persaingan ketat antara bank syariah dan konvensional dalam menawarkan produk pembiayaan perumahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran (PPR) yang diterapkan Bank Mega Syariah KC Pontianak dalam menghadapi tantangan pasar properti yang semakin kompetitif. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas strategi pemasaran tersebut dalam menarik minat nasabah di tengah kondisi harga properti yang terus meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pihak bank, observasi lapangan, dan studi dokumentasi terkait produk PPR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Mega Syariah berhasil mengembangkan dua segmen produk PPR. Flexi Home ditujukan untuk nasabah menengah ke atas, sedangkan Flexi Sejahtera dikhususkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang paling terdampak kenaikan harga properti. Strategi pemasaran yang efektif meliputi penyesuaian harga, pemilihan lokasi strategis, kemitraan dengan developer, dan promosi melalui event marketing. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Pembiayaan Pemilikan Rumah (PPR) en_US
dc.title STRATEGI BANK MEGA SYARIAH KC PONTIANAK DALAM MEMASARKAN PRODUK PEMBIAYAAN PEMILIKAN RUMAH (PPR) DI TENGAH PERSAINGAN ANTAR BANK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account